KOMPENSASI YANG EHARUSNYA DIDAPAT PENUMPANG SAAT TERJADI DELAY ??


Pesawat nasional atau armada angkutan udara nasional selalu identik dengan kata DELAY yaitu pesawat yang mengalami keterlambatan keberangkatan atau kedatangan dari jadwal yang sudah ditentukan , keterlambatan tersebut tentunya membuat penumpang kecewa,karena keterlambatan tersebut membuat penumpang menghabiskan waktunya untuk menunggu.contohnya kerugian yang dialami penumpang : saat penumpang sedang mengejar waktu karna sanak keluarga meninggal atau terkena musibah , tetapi karena keterlambatan tersebut tidak dapat melihat jasad sanak sodaranya yang meninggal , lalu seorang pengusaha mengejar waktu ingin meeting dengan klien nya menjadi mundur waktunya atau telat , sehingga mengalami kerugian yang besar .kadang walaupun merasa rugi keterlambatan tersebut masi bisa ditolerir karna waktu keterlambatan masi singkat tapi kadang keterlambatan tersebut bisa sampai berjam – jam . banyak penyebab yang membuat terjadinya delay tersebut , contohnya :

1. kejadian yang tidak terduga , tidak dapat diperhitungkan , dan tidak dapat dielakan contohnya bencana alam , kondisi cuaca

2. pemeriksaan keamanan dalam pesawat karena adanya tamu VIP

3. kesalahan sistem pesawat atau teknis yang berhubungan dengan mesin pesawat

walaupun penyebab tersebut kadang masi bisa dimaklumi tetap saja penumpang mengalami keruugian , kerugian waktu sudah pasti , belum lagi kerugian materi dan kerugian yg bisa diganti karena keterlambatan tersebut , dari kerugian tersebut terdapat dalam pasal 10 pemenhub, disebutkan bahwa maskapai penerbangan yang mengalami keterlambatan lebih dari 4 jam wajib memberikan ganti rugi pada penumpang Rp.300.000 perpenumpang .apakah dengan ganti rugi 300.000 bisa menggantikan kerugian penumpang ?? seharusnya penumpang yang mengalami keterlambatan setengah jam diberikan makan , penumpang yang mengalami keterlamabatan lebih dari 1 jam atau lebih diberikan penginapan + tiket pesawat pengganti karena kepentingan orang kan berbeda – beda , dang banyak kemungkinan kerugian yang didapat itu fatal apabila dilihat dari kepentinganya , jadi apakah pasal 10 pemenhub tersebut bisa menggantikan kerugian penumpang ?? lalu apa kompensasi yang seharusnya layak didapat penumpaang saat mengalami delay ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s