Perbandingan Antara Bandara Internasional Sokerano Hatta Dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur


Kelompok 9

Ketua : Yuyun Muhammad Rizki  (224110289)

Anggota : Bagja Adi Komara (224110062)

                Asnitya Haspuri Puteri (224110317)

               Putri Latifa Anindra (224110297)

Tugas 1 (Rev 01)

BAB 1

PENDAHULUAN

Disini kami akan membahas perbandingan antara bandara internasional Sokerano Hatta dengan bandara internasional Kuala Lumpur dari segi infrastuktur, pelayanan, serta sarana dan prasarana yang ada di bandara. Kami akan membandingkan kedua bandara tersebut berdasarkan standarisasi bandara dalam persaingan internasional. 

Dilihat dari kacamat dunia penerbangan, infrastruktur dari bandara internasional Soekarno Hatta masih perlu dibenahi mulai dari daya tampung penumpang di bandara yang sudah melebihi kapasitas, padahal Indonesia termasuk salah satu negara yang pertumbuhan penumpang dan armada pesawatnya paling tinggi di Asia Pasifik jika dibandingkan dengan perkembangan penumpang dan armada pesawat di Malaysia yang relatif lambat. Tetapi, bandara internasional Kuala Lumpur memiliki traffic yang sesuai dengan kapasitas airport karena bandara tersebut tanggap dalam menghadapi pertumbuhan bisnis angkutan udara yang sangat pesat berbeda dengan bandara Soekarno Hatta yang kurang tanggap akan hal tersebut.

Fasilitas pelayanan yang terdapat di bandara Soekarno Hatta masih memiliki banyak kendala terutama masalah perpakiran yaitu masih banyak kendaraan yang saling serobot antara parkir karyawan dengan parkir penyewa serta parkir penumpang. Seharusnya masalah seperti ini bisa diselesaikan  lebih baik lagi. Selain masalah perpakiran banyak penerbangan yang antri untuk lepas landas dan mendarat, hal ini menjadi tolak ukur yang menyebabkan penerbangan menjadi terlambat. Sedangkan di bandara internasional Kuala Lumpur fasilitas yang mereka berikan adalah desain unik suasana hutan hujan pribadi sehingga dapat membuat para penumpang merasa seperti berada di dalam hutan pribadi yang bisa menenangkan penumpang apabila stress dalam menunggu penerbangan atau pada saat antri di meja imigrasi. Fasilitas dan layanan bandara internasional Kuala Lumpur sendiri menggunakan beberapa bahasa seperti bahasa Melayu, Inggris, Jepang, Arab dan Tionghoa.

2 thoughts on “Perbandingan Antara Bandara Internasional Sokerano Hatta Dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur

  1. Assalamualaikum Wr. Wb. Aku cuma mau tanya, apa tidak terlalu jauh membandingkan antara Soetta dengan KLIA? Karena dari kita sekilas memandangnya aja sudah jauh sekali antara bandara kita dengan bandara Malaysia itu. Terus juga kedua bandara ini dibandingkan dari sudut pandang yang mana ya? Kalau hanya dari infrastruktur seperti ya udah jelas bahwa bandara kita jauh tertinggal dari bandara mereka. Kalau boleh sih tambahin lah dari aspek yang lain, misalnya dari fasilitas entertainment-nya gitu. Oke? Good luck🙂

    • Asnitya Haspuri Puteri (224110317)

      Waalaikumsalam, terima kasih atas saran yang anda berikan. Disini kami tidak hanya membandingkan kedua bandara tersebut hanya dari segi infrastruktur nya saja melainkan dari segi sarana dan prasarana serta pelayanan yang diberikan dari kedua bandara tersebut. Kami akan mencoba untuk lebih baik lagi terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s