APAKAH FSC KURANG DIMINATI DENGAN HADIRNYA LCC? (PART 3)


Kelompok : 1

Ketua :

Netti Yuliarti (2241.10.176)

Anggota :

Elparida Arni B (2241.10.133)

Claudia Kartika C (2241.10.163)

Kelas : S1 ZU10

 

METODOLOGI PENELITIAN

Semakin maraknya penggunaan konsep LCC (Low Cost Carier) oleh perusahaan-perusahaan penerbangan  di Indonesia membuat konsep FSC (Full Service Carier) terkesan agak tersingkir sehingga kami memutuskan untuk meneliti “APAKAH FSC KURANG DIMINATI DENGAN HADIRNYA LCC?”.  Mengenai latar belakang dan landasan teori telah kami jelaskan pada penelitian sebelumnya. Kami akan melanjutkan penelitian ini dengan membuat kuesioner untuk menunjang kebutuhan data bagi penelitian – penelitian kami selanjutnya.

Dalam hal ini, kami menggunakan metode deskriptif dalam menunjang keberhasilan survey yang kami lakukan. Penggunaan metode ini bertujuan untuk melihat bagaimana minat masyarakat terhadap penerbangan full service. Survey terbagi ke dalam dua bagian, yaitu offline survey dan online survey. Kami membuat 10 pertanyaan essay untuk offline survey dan 20 pertanyaan pilihan ganda (multiple choice) untuk online survey.

Survey ini dilakukan untuk meninjau bagaimana minat masyarakat terhadap penerbangan full service, apakah minat itu berkurang seiring semakin maraknya LCC (low Cost Carier), atau justru FSC (Full Service Carier) memiliki pasarnya tersendiri. Kami memilih pengusaha, pekerja kantoran, mahasiswa penerbangan dan dosen STMT Trisakti, baik pria maupun wanita sebagai target survey karena paling mudah dijangkau dan sering bepergian menggunakan pesawat udara.

 

Dalam offline survey, kami melakukan penelitian secara langsung kepada ahli/professional transportasi (dosen-dosen STMT Trisakti), sehingga dapat menghasilkan data-data penelitian yang diperlukan dan aktualisasinya terjamin. Pelaksanaannya di realisasikan dengan cara mengadakan interview atau tanya jawab secara langsung kepada ahli/profesional transportasi yang berpengalaman mengenai penerbangan full service maupun Low Cost Carrier.

Sedangkan dalam online survey, kami membuatnya dalam situs freeonlinesurveys.com.

Selain menggunakan situs di atas, kami juga menyebarkan kuesioner melalui web jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan kaskus. Target minimum responden yang kami tetapkan adalah 30 responden.

2 thoughts on “APAKAH FSC KURANG DIMINATI DENGAN HADIRNYA LCC? (PART 3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s