Bandara Perintis Kunci Pembangunan Daerah (III)


Kelompok 2

Ketua :           Melinda Priskila                    ( 224110129)

Anggota         : Redita Andriyani              (224110028)

                                Dyra Puspita                        (224110011)

                              Novembriani Irenita       ( 224110132)

S 1 MTU-ZU 2010 

Tugas 3

METODE PENELITIAN

          Berdasarkan tema yang kami angkat yaitu “Bandara Perintis Kunci Pembangunan Daerah” kami membuat suatu penelitian yang berhubungan dengan bandara perintis yang dapat menjadikan perekonomian suatu daerah menjadi maju. Oleh karena itu, kami menggunakan suatu metode penelitian untuk melihat respon masyarakat terhadap bandara perintis.

            Metode pengumpulan data yang kami lakukan adalah dengan pengumpulan data primer dan data sekunder, yang dimaksud dengan data  primer adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber asli. Sumber asli disini diartikan sebagai sumber pertama darimana data tersebut diperoleh.  Sumber data primer dalam kegiatan penelitian antara lain sebagai berikut :
a. Masyarakat secara langsung
Data yang diperoleh secara langsung dari masyarakat baik melalui wawancara maupun kuisioner merupakan data murni. Data tersebut ada yang merupakan data murni dan ada pula yang disebut data tidak                  murni. Data murni adalah data yang diperoleh secara mentah dari masyarakat.  Data tidak murni adalah data yang disesuaikan responden dengan jalan pikirannya.

           b. Benda, kondisi,situasi, proses atau perilaku orang tertentu.
Dapat juga diperoleh dari observasi lapangan.

           c. Data laboratorium
Data laboratorium bisa digologkan data primer karena data tersebut dihasilkan melalui percobaan atau test yang langsung dilakukan peneliti. Missal hasil percobaan kimia, biologi dan sebagainya. (Sumber:        id.shvoong.com/social-sciences/1997495-data-primer/#ixzz28HeuAHlM), sedangkan data sekunder adalah data yang kami dapatkan melalui perpustakaan, arsip dan internet sebagai pendukung data     primer.

         Pada tugas ke-3 kami akan memakai metode pengumpulan data dari respon dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya bandara bandara perintis bagi pembangunan daerah, yaitu dengan menyebarkan kuisioner tertutup secara online. Kuisioner tersebut kami sebarkan melalui media online, yaitu google.docs  (docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dHVtSWZvUUh1OE1CNXNoYmNTTzcwWGc6MQ&ifq) dan jejaring social seperti, twitter, facebook, dan blackberry messenger.  Sampai tanggal 3 Oktober 2012 sudah ada 75 orang yang mengisi kuisioner kami.

      Metode lain yang kami pakai pada penelitian kami ini adalah metode penelitian deskriptif dan metode penelitian asosiatif. Metode ini kami pakai untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat ini di bandara perintis dan juga mengetahui hubungan keberadaan Bandar udara perintis dengan pembangunan daerah.

One thought on “Bandara Perintis Kunci Pembangunan Daerah (III)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s