PENGARUH JASA TRANSPORTASI UDARA DI DALAM PRODUKTIVITAS


Nama : Hendrik Kerensha

NIM : 224107255

Kelas : SI- MTU A 10

Tugas : 3

 

BAB III

Metode Penelitian

Dalam tugas ini saya ingin menjelaskan metode penelitian. Metode penelitian adalah cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas masalah yang diajukan. ( Nasir, 1988:51). Dalam penelitian ini saya ingin menjelaskan mengenai aspek-aspek yang menunjang dan mempengaruhi seberapa besar jasa transportasi udara terhadap produktivitas. Serta meneliti tingkat perkembangan peminat terhadap jasa transportasi udara.

Penelitian saya ini menggunakan data sekunder. Data sekunder adalah data yang sudah ada. Contohnya, perpustakaan, perkantoran, internet, dlsb. Selain data sekunder sebagai metode penelitian saya, saya juga mneggunakan metode penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen adalah mencari hubungan sebab akibat antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengelimiasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang menggangu. Contohnya, faktor yang menjadi penujang dan timbal balik yang timbul antar produsen dan konsumen sehingga terjadi kesinambungan antara ke kedua pihak.

Di samping itu metode penelitan yang saya gunakan adalah metode penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif adalah penelitian yang menggambarkan suatu variable, fakta atau kejadian, dan gejala-gejala yang terjadi. Saya menggunakan metode penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan berpengaruhnya jasa transportasi udara terhadap produktivitas kerja. Dan pengumpulan data-data yang saya ambil dari sumber – sumber yang ada, yang menyangkut tema di dalam penelitian saya.

Dan untuk minggu ini saya menggunakan metode pengumpulan data primer secara online melalui media internet dan jejaring sosial. Data primer adalah data yang bersumber dari aslinya. Contohnya, memberikan kuisioner atau wawancara atau tanya jawab kepada para nara sumber, seperti dosen yang bergerak di bidang transportasi udara atau para ahli yang bergerak di bidang transportasi udara. Pengumpulan data primer secara online dilakukan secara tertutup dan rahasia, karena pengumpulan data dilakukan secara tidak resmi dan responden tidak diberikan informasi tentang tujuan penelitian ini dan metode ini bertujuan untuk menjelaskan inti dari penelitian yang saya lakuakan tentang pengaruh jasa transportasi udara di dalam produktivitas.

One thought on “PENGARUH JASA TRANSPORTASI UDARA DI DALAM PRODUKTIVITAS

Tinggalkan Balasan

