PENGARUH JASA TRANSPORTASI UDARA DI DALAM PRODUKTIVITAS


Nama : Hendrik Kerensha

NIM : 224107255

Kelas : SI- MTU A 10

Tugas : 2

 

BAB II

Landasan Teori

Produk dalam arti luas mencangkup ” segala sesuatu yang dapat diberikan kepada seseorang guna memuaskan suatu kebutuhan atau keinginannya”. (Sumber : Managing airline Reservation System, Agus Irianto, S.E., M.M., 2010). Di dalam jasa transportasi udara, penunjang produktivitas adalah melihat apa yang diinginkan oleh para pengguna jasa transportasi udara yaitu keefisienan waktu, kenyamanan dan keselamatan. Semua itu dipenuhi agar para pengguna jasa transportasi udara dapat terpuaskan dan meningkatkan produktivitas mereka. Oleh sebab itu, fasilitas-fasilitas penunjang produktivitas mereka harus di tambah, serta melihat lebih dalam apa yang dibutuhkan oleh para pengguna jasa transportasi udara. Perusahaan-perusahaan penerbangan pun berlomba memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik mereka, demi kepuasan para pengguna jasa transportasi udara. Di zaman sekarng ini waktu dan keefisienan sangat di perhatikan, karena bagi para pekerja, waktu adalah uang, segala sesuatunya harus dilakukan seefisien mungkin. Itulah gunanya jasa transportasi udara, meminimalis waktu dengan jarak tempuh yang cukup jauh, itu sebabnya, mengapa jasa transportasi udara sangat berpengaruh di dalam produktivitas.

Selain fasilitas penunjang, perlu diperhatikan juga SDM (Sumber Daya Manusia) untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi para pengguna jasa transportasi udara. Pembaharuan teknologi juga perlu untuk mempermudah akses di dalam transportasi udara. Banyaknya pengguna jasa transportasi udara menjadikan suatu keuntungan bagi perusahaan-perusahaan penerbangan dan negara, sehingga dapat meningkatkan perekonomian negara. Perlunya campur tangan pemerintah dalam meningkatkan kekurangan fasilitas yang ada di dalam transportasi udara. Di dalam jasa transportasi, peningkatan yang menonjol terjadi pada jasa angkutan transportasi udara, di karenakan para perusahaan-perusahaan penerbangan mencari dan melihat apa yang dibutuhkan oleh pengguna jasa transportasi udara. Oleh karena itu jasa transportasi udara sangat mempengaruhi produktivitas kerja.

Di katakan menurut Just another Indonesia Travel Business Blogs Sites site Bandara Soekarno Hatta, May 30, 2012 ( google.com), dalam masterplan terbaru Soekarno-Hatta International Airport akan meningkatkan kapasitas dari kapasitas saat ini dari 22 juta penumpang per tahun menjadi 62 juta penumpang per tahun pada tahun 2014. Bandara ini akan menggunakan tema “Bandara Modern Dengan Flavour Tradisional” baru untuk proyek tersebut. Angkasa Pura II sebagai operator dirancang bandara Soekarno-Hatta akan memiliki 3 terminal penumpang, terminal cargo baru 1 ( desa cargo) dan bangunan yang terintegrasi pada tahun 2014. Juga akan ada peningkatan kapasitas apron dari 125 pesawat saat ini untuk 174 pesawat terbang. Sebuah kereta bandara dari Manggarai Statiun dan Sistem People Mover dirancang untuk trnasportasi darat dari/ke dan di dalam bandara juga dalam perencanaan. Angkasa Pura II akan menghabiskan Rp. 11,7 triliun ($1360000000) untuk mengubah bandara ke bandara sebuah ‘kelas dunia’ yang akan disebut aerotropolis pada tahun 2014. Di terminal 3 tahap pertama akan diperluas dan selanjutnya terminal 1 dan terminal 2 diintegrasikan dengan dinding hijau dan bandara memiliki ruang konvensi, pusat perbelanjaan, hotel, taman bermain, fasilitas rekreasi dan area parkir 20.000 kendaraan. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, setidaknya sepuluh persen setiap tahunnya, pemerintah sedang mempersiapkan untuk meletakan landasan pacu nomor 3.

Setelah saya membaca dari kutipan buku serta melihat dari sumber-sumber yang ada dan saya sebagai pengguna jasa transportasi udara itu sendiri, menghimbau agar pemerintah dan perusahaan -perushaan penerbangan tidak hanya berencana, tetapi mewujudkan secara nyata, sehinnga produktivitas kerja dan kesejahteraan dapat meningkat.  Serta dapat memajukan perekonomian negara dan dapat bersaing dengan negara-negara lain yang lebih maju. Menurut saya, agar lebih di perhatikan pesawat yang akan di gunakan, sebab banyak yang beranggapan, banyak maskapai penerbangan yang masih menggunakan pesawat yang sudah di makan usia alias sudah tua. Oleh sebab itu lebih di tingkatkan kualitas SDM dan kualitas pesawat udara sehingga meminimalis tingkat kecelakaan di dalam jasa transportasi udara.

One thought on “PENGARUH JASA TRANSPORTASI UDARA DI DALAM PRODUKTIVITAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s