PERSAINGAN TIDAK SEHAT ANTAR MASKAPAI PENERBANGAN


Nama : Yulianti

 Nim    : 224107189

Kelas  : S1 MTU- A 10

Tugas : 3 

BAB III

3.Metode penelitian 

 

Transportasi udara sudah menjadi alat transportasi alternatif yang diunggulkan karena mudah dan cepat, dibanding alat  transportasi lainnya. Hal ini yang menyebabkan semakin tingginya persaingan tidak sehat antar maskapai penerbangan salah satunya di Indonesia.  Tingginya persaingan tarif murah  membuat persaingan perusahaan penerbangan menjadi tidak sehat,  Untuk itu harus dilakukan penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku berdasarkan pengusaan pasar, jenis layanan dan tingkat promosi terhadap tema yang saya buat tentang persaingan tidak sehat antar maskapai penerbangan.

Persaingan tarif pada maskapai penerbangan indonesia dikaitkan dengan persaingan usaha tidak sehat ditinjau dari undang undang no. 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

Metode penelitian dibuat agar dalam penelitian yang dilaksanakan tidak ada langkah-langkah yang dilewati, sehingga metode penelitian tersebut dapat tercapai secara sistematis dan sesuai yang diharapkan. Pembuatan metode penelitian disesuaikan dengan permasalahan apa yang akan diselesaikan. Pada penelitian ini, akan melakukan identifikasi mengenai permasalahan yang terjadi di industri penerbangan tentang persaingan tidak sehat antar maskapai penerbangan atau pun perang tarif. Dengan melakukan identifikasi masalah, sehingga dapat dipahami bentuk permasalahan yang akan di teliti.

Tahap pertama yang dilakukan untuk penelitian  ialah  pengumpulan data, pada tahap ini dilakukan pengumpulan data yang diperlukan dalam pelaksanaan penelitian tentang persaingan tidak sehat antar maskapai penerbangan. Pengumpulan dan pengolahan data merupakan langkah yang dilakukan untuk memperoleh kondisi yang sebenarnya berdasarkan fakta dan akan menjadi objek penelitian. Data yang diperoleh merupakan dari data sekunder yang berasal dari perpustakaan, internet, kantor, dll.

Tahap penelitian kedua  adalah tahap pengukuran perilaku industri penerbangan dalam bisnis  tarif murah menggunakan metode penelitian secara deskriptif yaitu penelitian berdasarkan fakta dan kejadian yang ada di masyarakat dan dunia penerbangan. Tahap selanjutnya dengan menggunakan metode penelitian dengan menggunakan label quesioner melalui survey lapangan dengan tanya jawab dengan dosen atau teman-teman,  dibidang transportasi udara dan  melalui media internet atau  situs online . Tahap akhir dari penelitian ini adalah kesimpulan dari keseluruhan penelitian, karena kesimpulan akan menjawab dari tujuan penelitian.

 

Iklan

2 thoughts on “PERSAINGAN TIDAK SEHAT ANTAR MASKAPAI PENERBANGAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s