STRATEGI JASA PERUSAHAAN EKSPEDISI DALAM MENINGKATKAN PELANGGAN (Rev)


Nama     : Arief Jehantara

Nim        : 224108139

Kelas      : S1 MTU A -10

Tugas     : 3 

 

 

BAB 3

 

3.Metode Penelitian

        Dalam metode penelitian ini saya menggunakan metode pengumpulan data yang merupakan prosedur dalam sisitematika untuk memperoleh data premier yaitu sumber data yang langsung berasal dari sumbernya atau pengumpul data. Berupa data sekunder yaitu data yang tidak langsung berasal dari usaha sendiri melainkan melalui pengumpulan data dengan cara penelitian keperpustakaan, menggunakan beberapa buku yang berkaitan dengan masalah-masalah yang akan ditelit, dan bisa juga melalui internet atau google.

Metode tersebut meliputi pengumpulan data :

1.Penelitian lapangan dengan mendatangi objek yang akan diteliti .Data tersebut bisa didapat melalui interview dengan pihak yang berhubungan         erat dengan perusahaan ekspedisi misalnya karyawan-karyawan yang bekerja di cargo.

2. Penelitian Observation dengan cara pengumpulan data melakukan pengamatan langsung untuk mendapatkan gambaran yang jelas dari kejadian yang nyata diperusahaan yang akan diteliti.

3. Penelitian Kuesioner dengan cara penelitian responden tanya jawab dengan pihak-pihak yang terkait contohnya  Dengan cara memberikan pertanyaan tertulis kepada pengguna jasa mengenai kepuasaan pelanggan dalam menggunakan jasa ekspedisi. Penelitian ini dapat dilakukan dengan skala likert.

Menurut Sugiyono (2010:132) format tipe likert adalah salah satu alat pengukur yang paling banyak digunakan dalam penelitian sosial, artinya memberikan bobot atau skor terhadap pertanyaan konsumen sehingga hasil penelitian data diolah dengan kualitatif dan kuantitatif.

contoh analisis data kuantitatif ,setiap jawaban dapat diberikan skor, misalnya:

1. Setuju/selalu/sangat positif diberi skor                                   (  5  )

2. Setuju/sering/positif diberi skor                                                (  4  )

3. Sangat tidak setuju/tidak pernah diberi skor                         (  3  )

4. Ragu-Ragu/ Kadang-kadang/netral diberi skor                    (  2  )

5. Tidak setuju/hampir tidak petnah/negatif diberi skor       (  1   )

 

Penelitian menggunakan skala likert dapat berupa check list atau pilihan ganda.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor internal kekuatan dan kelemahan, faktor eksternal dalam menghadapi peluang serta ancaman dan strategi untuk meningkatkan jumlah pelangganan.  Dan manfaat yang didapat memperluas pengetahuan dan wawasan yang lebih luas sehingga dapat menerapkan teori dan prakteknya langsung dalam jasa ekspedisi angkutan udara.

One thought on “STRATEGI JASA PERUSAHAAN EKSPEDISI DALAM MENINGKATKAN PELANGGAN (Rev)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s