Aktifitas Build Up di Gudang Eksport Gapura Angkasa (Part 1)


Kelompok 1

Ketua             :           Hetro Handitro (243111003)

Anggota       :           Rara Resti Regata (243111014)

                                        Zahir (243111019)

                                        Nela Rizky Febriyanti (243111023)

Kelas              :           DIII-Groundhandling

Dosen            :           Eko Probo

Pendahuluan

Build up merupakan proses lanjutan dari penerimaan barang yaitu di  Acceptance counter dalam pengiriman barang, dan merupakan salah satu proses terpenting dalam penanganan barang. Penanganan atau aktifitas dari build up yaitu berupa packing barang, penataan barang, pengecekan booked, penulisan no ULD/gerobak, penulisan nomor master barang dan penulisan jumlah barang yang dimasukkan ke dalam gerobak serta jumlah barang secara keseluruhan. Build up dapat dilakukan apabila para checker melakukan atau memiliki build up plan, yang bertujuan untuk melakukan perhitungan dan penataan barang. Kemudian data yang diperoleh dari proses Build up akan diterima oleh bagian Dokumen proses untuk di proses dan dilaporkan ke bagian Load control.

Build up sangat berperan penting dalam penanganan cargo secara langsung dalam pengiriman cargo/barang. Apabila terjadi kesalahan dalam proses build up, maka akan mempengaruhi keseimbangan dan keselamatan pesawat bahkan akan menghambat proses keberangkatan pesawat, tidak hanya itu kesalahan dalam build up juga dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya kerusakan pada barang. Sehingga dalam proses build up harus dilakukan secara teliti, dan sesuai dengan prosedur build up yang berlaku.

Tujuan kami melakukan penelitian yaitu untuk meneliti apakah proses build up yang ada dilapangan sesuai dengan standar IATA yang berlaku atau tidak, serta  untuk mengetahui permasalahan apa saja yang menjadi kendala di dalam proses ini, masalah yang sering di temui, kekurangan dan kelebihan apa saja yang ada pada proses build up.

Dengan adanya penelitian kami mengenai build up ini, kami dapat mengetahui apa saja aktifitas-aktifitas selama proses build up di dalam gudang export Gapura Angkasa secara langsung. Kami juga mempelajari mengenai build up, proses dan peranannya, permasalahan yang terjadi yang berhubungan dengan proses build up serta segala sesuatu yang terkait di dalamnya.

Kami dapat membuat penelitian ini berdasarkan sumber dari pengalaman kami selama kuliah lapangan pada proses build up di gudang export Gapura Angakasa selama 3 hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s