PILOT LALAI, PENUMPANG LUNGLAI


Nama kelompok 9

Ketua :           – Diana Fatma Raininta (2241.10.308)

Anggota :     – Mia Rahmah (2241.10.329)

-Nita Nurjanah  (2241.10.313)

-Novi arista (2241.10.321)

Kelas : ZU-10

TUGAS 4

BAB IV

ANALISIS DATA

Setelah melakukan upaya pengumpulan data dengan menggunakan wawancara tertutup mengenai “Pilot Lalai, Penumpang Lunglai” dengan menggunakan 21 pertanyaan yang dipaparkan secara online melalui freeonlinesurvey.com, kami mendapatkan data sebanyak 30 responden, data ini disebarkan melalui facebook, twitter, maupun personal message, sehingga data dapat diperoleh dengan cepat dan tepat.

Data responden yang didapatkan :

-14% Responden merupakan laki-laki

-16% Responden yang mengisi merupakan mahasiswa/mahasiswi

-12% Umur Responden merupakan kisaran 20-30 tahun

Data jawaban yang didapat dari responden :

Setelah melakukan wawancara ini, ternyata banyak masyarakat yang menyimpulkan bahwa pada masa yang akan datang, pilot dalam negeri siap menerima kebijakan open sky yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 mendatang. Hal ini cukup mengejutkan dikarenakan 15% dari 30 responden yang ada cukup tahu mengenai kinerja dari pilot yang ada di indonesia, selain itu para responden juga cukup peka terhadap masalah yang disebabkan oleh pilot pada saat di luar jam terbangnya. Namun, 87.5% dari jumlah responden setuju bahwa kesalahan accident maupun incident yang terjadi tidak sepenuhnya disebabkan oleh pilot yang bersangkutan.  Meskipun 95.8% mendukung, apabila pilot melakukan hal-hal yang dapat mengancam keselamatan penerbangan, maka lisensi dari pilot tersebut haruslah segera dicabut. Selain hal-hal tersebut, para responden mengungkapkan bahwa tingkat keamanan penerbangan di indonesia di nilai baik, akan tetapi perlu adanya perubahan-perubahan kecil yang dapat memicu perubahan yang signifikan di dunia penerbangan, baik dalam peraturan, pemberian sanksi kepada pilot yang nakal, maupun peningkatan kinerja pilot sehingga keselamatan dan keamanan penerbangan dapat terlaksana. Apabila hal ini diterapkan, maka kedepannya tingkat kesiapan pilot indonesia terhadap persaingan dan tuntutan akan keprofesionalan pilot dapat terimplementasikan dengan sempurna.

Dari data survey yang dilakukan sehingga memperoleh berbagai respon dari masyarakat yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat peka terhadap pertumbuhan maupun perubahan yang terjadi di dunia penerbangan. Masyarakat menilai bahwa penerbangan yang ada di indonesia dinilai baik, dan kesiapan pilot untuk melakukan kebijakan open sky dinilai sudah memadai. Respon ini merupakan respon yang positif bagi dunia penerbangan, walaupun kegiatan sudah berjalan dengan baik namun kinerja oprasionalnya masih jauh dari sempurna, inilah saatnya bagi sistem penerbangan di indonesia untuk memperbaiki diri baik dari segi internal maupun eksternal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s