Aktivitas di Document Processing Export (part2 / Landasan Teori)


Landasan Teori

Ketua               : Reyfilda Welman (2431.11.005)
Anggota           : Bayu Wahyudin (2431.11.009)
Hanna Oktaviani (2431.11.010)
Irmalia Fitriani (2431.11.018)

Kelas                : Ground Handling 2011

  • Dokumen merupakan surat berharga untuk memenuhi persyaratan dalam transaksi perdagangan internasional, yang tercantum dalam Letter of Credit. Dan Letter of Credit merupakan kelanjutan dari terbitnya perjanjian tertulis kontrak dagang (sales contract), yang telah disepakati oleh kedua belah pihak (Eksportir dan Importir).untuk mengirim barang mula-mula mempersiapkan barang  yang ready for export, melakukan booking atau memesan ruangan kepada perusahaan penerbangan, eksportir kemudian mengurus formalitas ekspor seperti mengisi pemberitahuan ekspor barang, membayar Pajak Ekspor (PE) dan pajak ekspor tambahan, mengurus izin muat kepada kantor inspeksi bea dan cukai kemudian eksportir menyerahkan barang kepada perusahaan pelayaran untuk dimuat pada waktu yang disepakati
    (buku Pedoman Transaksi Eksport&Import menurut H. Djauhari Ahsjar, SH.,S.Sos.,M.Si)

 

  • Proses Dokumentasi adalah proses pembuatan dokumen yang dilakukan oleh pihak airlines atau Ground Handling terhadap proses pengiriman cargo disini khususnya cargo export. Proses dokumentasi yang dikerjakan diantaranya adalah SMU/AWB, Packing List, PEB, Manifest, dan NOTOC, yang didalamnya terdiri dari Comercial Invoice, Shipping List / Packing List, Bill of Lading, Certificate of Origin, Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dan Kontrak Penjualan.
    Dan alasan mengapa kelompok kami mengambil Proses Dokumentasi sebagai landasan teori karena kami ingin mengetahui bagaimana system atau cara kerja pembuatan surat perjanjian yang nantinya akan menjadi dokumen dalam perdagangan Export.
    (http://www.anneahira.com/dokumen-ekspor-impor.htm)
  • ISO 9001:2000
    Alasan mengapa kelompok kami menggunakan ISO 9001:2000 karena ISO 9001:2000 adalah suatu standar internasional untuk management dan controlling organisasi dalam hal mutu yang biasa disebut SMM. Suatu sistem manajemen mutu merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi dan praktek-praktek standar untuk manajemen sistem yang menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang/ atau jasa) terhadap kebutuhan tertentu, yang ditentukan oleh pelanggan dan organisasi.
    Dan dibalik itu semua standar ISO 9001:2000 telah memberikan manfaat kepada perusahaan – perusaahaan seperti  meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan melalui jaminan mutu yang terorganisir dan sistematik, meningkatkan mutu dan produktivitas dari manajemen, perusahaan terdaftar pada Lembaga Sertifikasi, diaudit secara periodik  dan masih banyak lagi. Dan yang paling penting ISO telah diadopsi oleh  lebih dari 150 negara didunia dan lebih dari 200.000 organisasi pemerintah dan swasta di dunia telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2000.

 

  • Ketika maskapai penerbangan menggunakan sistem otomatis untuk mengeluarkan Air Waybill harus dalam satu set sembilan bagian dan warna. Kenapa harus dibahas dalam landasan teori karena agar mengetahui dokumen dokumen apa saja yang diperluangan dalam prosess export barang, dan agar tidak terjadi kesalahan didalamnya.
    Berikut adalah ke 9 bagian dan warna tersebut :
  1. Original 3 (for shipper) – biru
  2. Copy 9 (for agent) – putih
  3. Original 1 (for issuing carrier) – hijau
  4. Original 2 (for consignee) – pink
  5. Copy 4 (delivery receipt) – kuning
  6. Copy 5 (bandara tujuan) – putih
  7. Copy 6 (for third carrier) – putih
  8. Copy 7 (for second carrier) – putih
  9. Copy 8 (for first carrier) – putih

(AIR WAYBILL HANDBOOK)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s