Strategi Jasa Perusahaan Ekspedisi dalam Meningkatkan Pelanggan


Nama : Arief Jehantara

NIM    : 224108139

Kelas   : S1 MTU -A

Tugas  : 4

 ANALISIS

 

Dari hasil kumpulan data yang telah saya sebarkan melalui survey langsung menggunakan penelitian secara skala likert dapat berupa check list atau pilihan ganda dengan menyebarkan kertas berisi pertanyaan kepada 30 responden dari kalangan anak muda dan orang tua yang biasa menggunakan jasa ekspedisi. Dan dapat diketahui dari pertanyaan -pertanyaan  tentang kepuasan pelanggan dalam menggunakan  jasa ekspedisi udara 80% responden merasa puas dikarenakan adanya perusahaan jasa ekspedisi memudahkan para konsumen untuk dapat mengirim barang dengan waktu yang singkat dan efisien dan harga yang terjangkau. Disamping hal itu kebutuhan akan jasa ekspedisi semakin meningkat karena kegiatan perdagangan antar wilayah semakin sering terjadi . Jika pelanggan merasa puas maka mereka tidak akan beralih ke jasa ekspedisi lain. Dan 20% responden merasa tidak puas dalam menggunakan jasa ekspedisi dikarenakan perusahaan ekspedisi yang pelayanannya kurang memuaskan pelanggan ,misalnya karyawan yang tidak sopan dalam berbicara dan bertata krama atau pelayanan yang buruk dalam mengantar barang tidak sesuai waktu yang telah disepakati.Bagi perusahaan ekspedisi, peningkatan kinerja pelayanan tidak mungkin dilakukantanpa didukung oleh sistem informasi terencana dan terintegrasi.

Analisa melalui faktor internal merupakan situasi yang menguntungkan perusahaan untuk memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada . Strategi yang harus diterapkan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Gwowth Oriented Strategy). Meskipun banyaknya ancaman yang datang perusahaan harus memiliki kekuatan segi internal, strateginya dengan menggunakan kekuatan ,memanfaatkan peluang jangka panjang (Produk/Pasar).

Dari data survey tersebut dapat disimpulkan bahwa pelanggan  lebih memilih perusahaan ekspedisi yang melakukan pelayanan jasa yang bersikap ramah dalam senyum, ucapan, dan sapaan. Pelayanan jasa dituntut untuk selalu menanggapi setiap permintaan jasa dengan kepedulian, bantuan dan menuntaskan secara tepat waktu sesuai permintaan pelanggan. Dalam hal ini merupakan salah satu strategi jasa perusahaan ekspedisi dalam menarik pelanggan. Setiap perusahaan pasti mempunyai target yang harus dicapai ,strategi yang harus diterapkan pun harus sesuai sehingga dapat mengikuti perkembangan yang terjadi antar perusahaan ekspedisi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s