PENTINGKAH COMMERCIAL AREA YANG “MEWAH” BAGI SUATU BANDARA? (PART V)


Kelompok     :                                     8

Ketua             :

RIZKY INAYAH                               224110220

Anggota        :

NURSERY ALFARIDI                    224110046

SEKAR WIDYASTUTI                  224110045

NOVIA CAHYA SYAFITRI        224110225

Kelas                         :                               S1 ZU10

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil pembahasan penelitian kami yang berjudul “Pentingkah Komersial Area Yang Mewah Bagi Suatu Bandar Udara” dapat disimpulkan bahwa commercial area di bandar udara perlu dikembangkan serta ditambah fasilitas-fasilitasnya. Akan tetapi pengembangan area komersil yang mewah tidak terlalu dibutuhkan karena dalam pembangunannya mebutuhkan rencana yang matang serta modal yang sangat besar.

Salah satu metode yang kami gunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode penarikan sampel yang terdiri dari kuesioner yang menyatakan bahwa dari hasil data survei yang kami lakukan, sebagian besar responden menginginkan area tersebut memiliki fasilitas yang memadai serta memberikan kenyamanan bagi para penggunanya, bukan menginginkan area komersil yang mewah.

Hal tersebut disebabkan karena bagi sebagian penumpang yang pernah mengalami keterlambatan, commercial area sangat dibutuhkan sebagai salah satu tempat yang digunakan mereka untuk menunggu di dalam bandar udara saat mengalami keterlambatan penerbangan dan tempat tersebut juga merupakan salah satu tempat di dalam bandar udara yang dapat menghasilkan pendapatan di luar dari kegiatan penerbangan. Selain itu, banyaknya responden yang menyatakan fasilitas commercial area di bandar udara biasa saja dan kurangnya kenyamanan serta kepuasan di area tersebut juga menjadi salah satu penyebab suatu bandara perlu mengembangkan area komersilnya. Oleh karena itu, commercial area di bandar udara perlu dikembangkan sedemikian rupa, namun pengembangan commercial area yang dilakukan secara mewah tidak diperlukan, karena akan menambah biaya yang lebih besar bagi bandar udara.

SARAN

Sebagian besar konsumen menginginkan fasilitas area komersil di bandar udara terus dikembangkan namun konsumen mengaggap pengembangan tidak harus dibangun semewah mungkin. Berdasarkan kesimpulan tersebut, ditemukan beberapa saran yang kiranya dapat bermanfaat bagi kelangsungan area komersil di setiap bandar udara, di antaranya;

  1. Dilihat dari hasil penilitian, disarankan agar pihak manajemen di setiap bandar udara meningkatkan inovasi dalam hal melakukan perbaikan-perbaikan dan memberikan fasilitas yang mementingkan kenyamanan konsumen.
  2. Dilihat dari hasil penilitian, disarankan agar pihak manajemen pengelola bandar udara dan pengusaha khususnya untuk area komersil harus memperbaiki manajemen dan teknologi pengelolaan usahanya agar dapat menumbuhkan daya saing tinggi dengan tingkat kenyamanan konsumen terhadap fasilitas area komersil tinggi. Tidak ada kaitan antara fasilitas yang mewah dengan masalah kenyamanan konsumen jika masing-masing pihak melaksanakan tugasnya dengan baik dan tetap memperhatikan optimalisasi kegunaan fasilitas area komersil itu sendiri. Dengan cara ini maka fasilitas area komersil akan dapat berkembang sesuai kebutuhan masyarakat.
  3. Dilihat dari hasil penilitian, disarankan agar pihak manajemen pengelola bandar udara khususnya untuk area komersil melakukan penghematan penggunaan biaya dalam penggunaan sumber dana yang besar saat melakukan pengembangan area komersil. Jika pembangunan serta pengembangan area komersil dilakukan dengan mewah tetapi mengesampingkan tujuan utama dari bandara tersebut dan area komersilnya maka akan memerlukan biaya yang sangat besar bahkan akan hanya membuang-buang biaya yang dikeluarkan pihak pengusaha sehingga akan menambah beban karena tingginya biaya perawatan dan perbaikan fasilitas yang disediakan area komersil.
  4. Dilihat dari hasil penilitian, disarankan agar pihak manajemen pengelola Bandar udara dan pengusaha khususnya untuk area komersil sebaiknya menghentikan persaingan terhadap fasilitas bandara lainnya dan lebih memfokuskan pada perawatan, perbaikan, dan penambahan fasilitas yang bertujuan untuk kenyamanan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s