Bandara Soekarno Hatta Butuh KRL (part 4)


Nama             : Ketua           : Hutomo Edo P.M               (224110026)

Anggota         : Satya Pandu Wahidiat      (224110202)

Muhammad Ropih              (224110008)

Riezaldy Gees I.                 (224110208)

 

Analisa

Melanjutkan dari part sebelumnya mengenai “Bandara Soekarno-Hatta Butuh KRL”, sejauh ini kami telah sampai pada tahap dimana kami menganalisa dari hasil data survey yang telah kami buat beberapa minggu yang lalu dengan terkumpul total terakhir sampai tulisan ini di tulis berjumlah 38 responden dan kami memutuskan untuk mengeliminasi 8 responden lainnya sehingga kami mengolah data dari 30 responden yang tersebar dari beberapa kalangan atau segmentasi dimana survey ini disebar melalui media sosial network.

Hasil quesioner beserta analisa akan kami jelaskan dalam bagian ini diantaranya :

Gender (laki-laki dan Perempuan), kami mendapatkan hasil jumlah respondensi sebanyak 30 orang, 18 perempuan dan 12 Laki-laki. Disini kami dapat melihat bahwa perbandingan perempuan lebih banyak menggunakan media sosial network dibanding laki-laki.

Kemudian kami klasifikasikan lagi dalam jenis pekerjaannya, disini kami bagi dalam beberapa pekerjaan diantara lain Pelajar, Karyawan, Wiraswasta/pengusaha, PNS, Lain-Lain dan didapatkan hasil pelajar sebanyak 17 orang, karyawan 6 orang, wiraswasta tidak ada, PNS tidak ada dan Lain-lain sebanyak 6 orang. Dari data ini kami menganalisa bahwa pelajar lebih dominan menggunakan sosial network dan diharapkan pemikiran-pemikiran segarnya untuk bantu membangun bangsa ini  khususnya di DKI Jakarta ini.

Selanjutnya kami kelompokan berdasarkan pendidikan terakhir nya yaitu SD,SMP,SMA,D3 dan S1 dan dipatkan hasil dari respondensi bahwa pendidikan terakhir SD tidak ada, SMP tidak ada, SMA 14 orang, D3 6 orang, S1 5 orang, lain-lain 5 orang. Dari data tersebut kemungkinan besar responden dengan pendidikan terakhir SMA sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang berikutnya sehingga penilaian yang diberikan lebih berkualitas.

Selanjutnya masuk kepada pertanyaan yang berkaitan terhadap judul yang diangkat. Jawaban yang kami sediakan yaitu multiple choice antara ya dan tidak. Kami memilih ini agar memudahkan dalam mengambil kesimpulan dan kepastian jawaban.

Pertanyaan pertama yaitu, Bermanfaatkah KRL menuju bandara atau sebaliknya Menurut Anda ?. hampir seluruh responden menjawab ya, hanya satu responden menjawab tidak. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat jakarta sudah membayangkan alangkah cepat akses yang akan di tempuh oleh warga jakarta untuk menuju lokasi bandara Soekarno-Hatta.

Pertanyaan kedua, Apakah anda akan menggunakan KRL Menuju bandara bila sudah jadi nantinya ?. 28 orang menjawab Ya dan 2 orang Menjawab Tidak. Dari pertanyaan ini dapat digambarkan betapa butuhnya warga jakarta akan KRL menuju Bandara Soekarno-Hatta demi menunjang mobilitas mereka.

Pertanyaan ketiga, Apakah anda pernah menggunakan KRL ?. tercatat 24 orang menjawab Ya yang berarti pernah menggunakannya dan 6 orang menjawab Tidak. Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, disamping keterbatasan tersedianya gerbong KRL yang membuat calon penumpang malas untuk berdesak-desakan ataupun jarak yang ditempuh dekat dan tidak fleksibel bila menggunakan KRL karena harus berhenti di Stasiun.

Pertanyaan keempat, Apakah anda setuju dengan wacana pemerintah untuk membangun KRL menuju bandara dan sebaliknya ?. 29 orang menyatakan setuju dengan menjawab Ya dan satu orang lagi menyatakan tidak. Memang biaya infestasi yang dikeluarkan tidak sedikit namun mengingat kebutuhan mobilitas warga jakarta yang tinggi khususnya menuju bandara tersebut seharusnya hal ini dapat di pertimbangkan.

Pertanyaan kelima, Efektifkah menurut anda usaha pemerintah ?.28 orang menjawab Ya dan dua orang lagi menjawab tidak. Efektif tidak nya memang dapat dilihat bila infrastuktur telah selesai dibangun dan sudah beroperasi, namun pemerintah pastinya sudah mempelajari kelayakan dalam pembangunan ini.

Pertanyaan keenam, Berpengaruhkah pengoperasian KRL tersebut terhadap peningkatan jumlah pengguna Bandara Soekarno-Hatta ?.25 orang menjawab Ya dan sebanyak lima orang menjawab Tidak. Mayoritas responden optimis terhadap wacana pemerintah ini bila sudah jadi nanti sehingga mereka berani menyimpulkan akan terjadi peningkatan calon penumpang pesawat terbang, bahkan penumpang setia angkutan darat seperti bis dapat beralih menggunakan pesawat.

Pertanyaan ketujuh, Menurut anda apakah rencana ini akan terealisasi ?.21 orang menjawab iya dan 9 orang menjawab tidak. Dilihat dari hasil diatas persentase keoptimisan warga jakarta terhadap realisasinya pembangunan ini terbilang tinggi, namun bila di rata-ratakan terhadap pertanyaan lain yang sebelumnya diatas, disini ditemukan fakta bahwa terjadi penurunan keoptimisan terhadap pembangunan tersebut. Mungkin mereka menganggap pemerintah daerah DKI Jakarta telah gagal membangun apa yang semestinya dibangun.

Pertanyaan kedelapan, Apakah rencana ini dapat mengurai kemacetan menuju Bandara Soekarno-Hatta ?.22 orang menjawab Ya dan delapan orang lainnya menjawab Tidak. lagi-lagi warga jakarta dihadapkan pada pertanyaan keefektifan usaha pemerintah dalam membangun kota Jakarta ini. Tetapi kita harus bisa mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintah semoga masalah klasik kota Jakarta dapat terselesaikan.

Pertanyaan kesembilan, Mampukah PT. KAI melayani permintaan tersebut ?.23 orang menjawab Ya dan tujuh orang menjawab tidak. masyarakat Jakarta sepertinya masih ragu terhadap PT. KAI atas kesiapannya untuk memenuhi permintaan tersebut. Mungkin masyarakat masih melihat banyaknya kekurangan dalam tubuh PT. KAI khususnya dalam hal pelayanan dan moda angkutnya yang kurang memadai.

Pertanyaan kesepuluh,Sudah pantaskah KRL memenuhi permintaan pasar akan transportasi menuju Bandara Soekarno-Hatta ?.20 orang menjawab Ya dan 10 orang menjawab Tidak. sebenarnya hampir sama pertanyaan ini dengan pertanyaan sebelumnya. Hanya sekedar memastikan dan ternyata hasil survey menyatakan bahwa masyarakat masih ragu dalam kesiapan PT. KAI dalam membangun dan melayanani perjalanan tersebut.

 

Hasil survey diatas tidak 100% benar, margin error yang kami berikan  10%

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s