Proses Serta Permasalahan Kegiatan Acceptance Domestic Cargo


Kelompok :2

Nama        : Annisa Adetyasari (243111002) Ketua

Nurlia Handriyani (243111001)

Anirwana Ratih (243111015)

Bima Mahendra (243111016)

Kelas         : Ground Handling 2011

BAB III

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan potensi  tenaga kerja manusia sebagai penggerak perusahaan untuk dapat bersama-sama menuju dua tujuan yang ingin dicapai, yaitu : tujuan untuk perusahaan dan untuk karyawan.

Sumber daya manusia sangat diperlukan demi menunjang kegiatan operasional suatu kegiatan dalam pekerjaan, begitu juga di dalam unit acceptance domestic cargo. Unit acceptance domestic cargo mempunyai kriteria pengrekrutan sumber daya manusia yang berlandaskan standar perusahaan.

Unit acceptance domestic cargo merekrut sumber daya manusia dengan kriteria yang diwajibkan lulus SMA sederajat, Diploma serta seorang yang mampu mengoperasionalkan komputer.

Struktur organisasi di dalam acceptance domestic di kepalai oleh seorang manager, dan dibawahnya terdapat 4 supervisor beserta group nya. Grup 1, group 2, group 3, dan group 4. Dibawah supervisor terdapat petugas acceptance yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu outgoing dan incoming. Dibawah petugas acceptance terdapat petugas checker yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu outgoing yang bekerja di build up dan incoming yang bekerja di breakdown. Di bawah petugas checker terdapat mandor, dan di bawah mandor terdapat porter.  Dari masing-masing group  terdiri dari jumlah anggota yang berbeda disertai dengan shift yang berbeda pula. Dari pengalaman saat kami kuliah lapangan, kami  di posisikan bersama dengan group 1. Di group 1 terdiri dari  beberapa karyawan diantaranya yaitu : 4 karyawan di bagian outgoing, 2 karyawan di incoming, 4 karyawan di cheker outgoing, dan 1 karyawan di checker incoming.

Sebagian besar dari karyawan tersebut berstatus sebagain karyawan outsourcing dengan penghasilan kurang lebih besarnya diatas UMR.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s