Peranan Keberadaan Incoming Domestik di PT Gapura Angkasa


Kelompok:

243111021 Riris Budi Asmiarti (ketua)

243111004 Vega Welingutami

243111007 Rahmina Lestari

243111025 Hervika Okky Caroline

Kelas: DIII – Ground Handling 2011

Bab 4. Permasalahan

Pada pemabahasan minggu ini, kami akan membahas mengenai permasalahan yang ada di gudang incoming domestik. Permasalahan yang akan kami bahas adalah masalah atau kendala yang kami temukan saat kami kuliah lapangan di Bandara Soekarno Hatta tepatnya di bagian cargo incoming domestik.

Masalah atau kendala tersebut antara lain seperti sistem jaringan komputer yang digunakan para staf mengalami gangguan atau down. Hal ini terjadi antara 1 sampai 2 jam hingga sistem dapat digunakan lagi, bahkan terkadang 1 shift (8 jam kerja) mengalami kendala tersebut. Masalah ini tentunya menghambat para staf untuk bekerja, akibatnya staf harus menginput data secara manual yang tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan input menggunakan sistem.

Kami juga menemukan masalah seperti rusaknya barang yang ada atau yang kami terima di gudang misalnya karena basah terkena air, tag nomer yang luntur karena terkena air, cara build up yang salah sehingga barang berantakan didalam compartment yang mengakibatkan saat unloading barang jadi rusak. Jika ada kerusakan pada barang, staf harus membuat laporan dengan mengisi CIR (Cargo Interupt Report) dan memfoto bagian yang rusak tersebut.

Selain masalah-masalah diatas, masih ada beberapa masalah atau kendala yang terjadi di incoming domestik seperti jumlah barang yang datang tidak sesuai, tidak ada Surat Muatan Udara atau Manifest, barang sering tertukar dengan shipper lain, dokumen SMU tidak termanifest, SMU tidak on board pada saat transit, tidak tercantum label pada cargo, dan label tidak sesuai dengan SMU.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s