Perbandingan Antara Bandara Internasional Sokerano Hatta Dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur


Ketua     : Yuyun Muhammad Rizki  (224110289)

Anggota : Bagja Adi Komara (224110062)

Asnitya Haspuri Puteri (224110317)

Putri Latifa Anindra (224110297)

 

Tugas 5

BAB 5

KESIMPULAN DAN SARAN

 

KESIMPULAN
Berdasarkan hasil survey yang telah kami lakukan mengenai perbandingan antara Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan berikut, 2 diantaranya seperti :

1)  Apakah bandara Soekarno Hatta telah memenuhi kriteria sebagai bandara  internasional?
– 34,5 % responden menjawab TIDAK
– 11,7% responden menjawab YA
2)  Apakah sarana dan prasarana yang ada di bandara internasional Kuala Lumpur sudah bisa dikatakan memenuhi standar sebagai bandara internasional kelas dunia?
-23 % responden menjawab YA
– 4% responden menjawab TIDAK

Maka dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat indonesia sendiri menilai bahwa bandara internasional Soekarno Hatta masih belum memenuhi standar-standar sebagai bandara internasional dengan penilaian masih kurangnya pelayanan dan fasilitas yang disediakan dalam bandara tersebut. Dilihat dari segi kenyamanan dan keamanan untuk para pengguna jasa penerbangan untuk kelas ekonomi yang masih dirasa kenyamanan dan kemanannya oleh para penggunanya. Sedangkan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di landasan teori bahwa dilihat dari segi kecilnya saja fasilitas yang masih kurang seperti pendingin ruangan yang kurang dingin atau toilet untuk terminal domestik yang berbeda (kebersihannya) dari toilet terminal internasional. Sedangkan untuk para responden yang memberikan jawaban bahwa bandara internasional kuala lumpur masih belum memenuhi standart sebagai bandara internasional kelas dunia mungkin saja sebagian dari mereka belum pernah mengunjungi bandara tersebut atau sebagian dari mereka telah mengunjungi bandara yang jauh lebih bagus dari bandara internasional kuala lumpur (ex : Incheon International Airport atau Hongkong International Airport)

 

SARAN
Saran yang dapat diberikan untuk pihak pengelola bandara agar lebih mengutamakan keamanan dan kenyamanan untuk para pengguna bandara. Untuk hal ini pihak bandara harus meningkatkan sistem keamanan yang lebih baik, meningkatkan kualitas daripada pelayanan service kepada penumpang dan memperhatikan setiap detail kebersihan untuk kenyamanan setiap penggunanya. Dari segi pengaturan sistem penumpang agar lebih diperbaiki agar tidak terjadi penumpukkan di waktu-waktu tertentu, untuk lahan parkir dan apron agar diberikan space yang lebih luas untuk kenyamanan pengunjung yg menggunakan kendaraan pribadi juga infrastruktur yg menunjang fasilitas bandara untuk lebih terlihan rapi, menambah fasilitas untuk para penunggu disembarkasi atau kepulangan agar nyaman dan mudah mencari orang yang dijemput.
Menjadi salah satu alasan kami mengambil perbandingan antara bandara internasional Soekarno Hatta dengan bandara internasional Kuala Lumpur karena seperti yang diketahui, bandara internasional Kuala Lumpur banyak memberikan sarana dan prasarana yang sangat menunjang kenyamanan bagi para penggunanya seperti monorel yang dapat digunakan dari terminal A menuju terminal B dimaksudkan agar para penggunanya dapat lebih menghemat waktu dan praktis. Serta kenyamanan di setiap lounge tanpa dibeda-bedakan dan kebersihannya yang membuat para penggunanya lebih nyaman menghabiskan waktu di bandara tersebut. Kami mengharapkan bandara internasional Kuala Lumpur dapat dijadikan salah satu contoh untuk bisa memotivasi bandara internasional Soekarno Hatta agar lebih bisa mengembangkan infrastruktur serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh para pengguna jasa airport.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s