PERANAN SDM YANG BERKUALITAS BAGI JASA TRANSPORTASI UDARA


Nama Kelompok  :  1. Ketua : Dimas Satrio Putra Gunawan  (224108210)

2. Anggota  : Mentari Noor (224110251)

Kelas : S1 MTU-A

Tugas : 2 (tugas setelah UTS) Landasan Teori

 

Sekarang kami akan memberikan landasan teori berdasarkan survey yang sudah kami buat. Dalam hal ini kami akan menggunakan 3 (tiga) teori, yaitu teori manajemen SDM, teori pelatihan dan teori perencanaan SDM. Kami memilih teori ini, karena menurut kami teori ini sangat berhubungan dengan judul dari tugas yang kami buat yaitu mengenai “PERANAN SDM YANG BERKUALITAS BAGI JASA TRANSPORTASI UDARA”

  1. 1.    Teori Manajemen SDM

Dalam bukunya yang berjudul “manajemen sumber daya manusia” Tjutju dan Suswanto (2008, p.1) menjelaskan bahwa bagian dari ilmu manajemen yang memfokuskan perhatiannya pada pengaturan peranan sumber daya manusia dalam kegiatan suatu organisasi. Manajemen sumber daya manusia menganggap bahwa karyawan adalah kekayaan (asset) utama organisasi yang harus dikelola dengan baik. Jadi manajemen sumber daya manusiasifatnya lebih strategis bagi organisasi dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah diterapkan. Sedangkan menurut hussein umar (2008, P.128) manajemen sumber daya manusia adalah suatu perencanaan, pengorganisasian, dalam pergerakan dan pengawasan atas pengadaan, pengembanagan, kompensasi, pengintegrasian,pemeliharaan, dan pemutusaan hubungan kerja dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan secara terpadu.

Dari kedua definisi diatas mengenai teori manajemen sumber daya manusia, kami dapat menyimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kinerja suatu individu/perorangan yang ditekankan agar terjadi suatu pencapaian dengan kerjasama didalam sebuah organisasi. Karena didalam organisasi sangat dibutuhkan kerjasama agar tujuan perusahaan dapat berjalan dengan baik dan terarah. Sehingga perusahaan dapat memaksimalkan pencapaiannya.

  1. 2.    Pelatihan

Menurut Mathis, Jackson dalam sumber daya manusia (2006, p.301) mengemukakan bahwa pelatihan yaitu proses dimana orang mendapatkan kapabilitas untuk mendapatkan pencapaian tujuan-tujuan organisasional. Sedangkan menurut  buku sumber daya manusia yang ditulis oleh Herman Sofyandi (2008, p.113) menyatakan bahwa pelatihan adalah suatu program yang dapat diharapkan dapat memberikan rangsangan atau stimulasi kepada seseorang untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam pekerjaan tertentu dan memperoleh pengetahuan umum dan pemahaman terhadap keseluruhan lingkungan kerja dan organisasi.

Dari kedua definisi diatas mengenai teori pelatihan, kami dapat menyimpulkan bahwa pelatihan bertujuan agar :

  1. menanamkan informasi kognitif dan perincian untuk peserta pelatihan.
  2. mengembangkan perilaku dalam menjalankan kewjiban-kewajiban pekerjaan dan tugas.
  3. menciptakan ketertarikan dan kesadaran akan pentingnya pelatihan.
  4. Memungkinkan para karyawan untuk melakukan pekerjaan, tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik, misalnya pengetahuan tentang produk dan hubungan pelanggan.
  5. Untuk mengatasi masalah operasional dan antar pribadiserta meningkatkan hubungan antara pekerjaan organisasi, misalnya komunikasi antarpribadi, komunikasi antara karyawan dan komunikasi antara pelanggagn

 

  1. 3.    Teori Perencanaan SDM

Andrew E. Sikula (1981;145) mengemukakan bahwa: “Perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan tenaga kerja didefinisikan sebagai proses menentukan kebutuhan tenaga kerja dan berarti mempertemukan kebutuhan tersebut agar pelaksanaannya berinteraksi dengan rencana organisasi”. Sedangkan menurut George Milkovich dan Paul C. Nystrom (DaleYoder,1981:173) mendefinisikan bahwa: “Perencanaan tenaga kerja adalah proses peramalan, pengembangan, pengimplementasian dan pengontrolan yang menjamin perusahaan mempunyai kesesuaian jumlah pegawai, penempatan pegawai secara benar, waktu yang tepat, yang secara otomatis lebih bermanfaat”.

Dari kedua definisi diatas mengenai teori perencanaan SDM, kami dapat menyimpulkan bahwa perencanaan SDM adalah suatu tindakan awal yang dilakukan sebelum melakukan tindakan oleh seseorang, kelompok, atau organisasi yang ada didalamnya terdapat kegiatan peramalan. Selain itu perencanaan SDM juga merupakan proses analisis dan identifikasi tersedianya kebutuhan akan sumber daya manusia sehingga organisasi tersebut dapat mencapai tujuannya. Dengan adanya perencanaan sumber daya manusia, dapat dipersiapkan calon-calon pegawai berpotensi untuk menduduki posisi tertentu di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s