Keamanan dan kenyamanan kurang diKereta Api Commuterline Bogor – jakarta (part 01)


Kelompok  : 1 (setelah UTS)

Nama: Taufans rizkyanto                   : 224110121 (ketua)

Christophorus linggatantra  : 224110171

Albert parlindungan               : 224110126

Bahrul ulum                                : 224110293

Kelas : MTU-A

Tugas : 1 (setelah UTS)

A. Latar Belakang.

PT. Kerata Api Indonesia adalah Perusahaan transportasi darat milik negara yang bergerak dibidang transportasi darat dengan sarananya yaitu kereta api dengan berbagai jurusan ke berbagai kota sampai propinsi. Menurut UNDANG – UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN AGKUTAN JALAN. Bagian Kedua  tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 203 ayat 1 yaitu pemerintah bertannggung jawab atas terjaminnya Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Seperti yang kita ketahui bahwa PT. Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyediakan kereta commuterline untuk warga didaerah yang dan bekerja diJakarta kemudian mereka pulang kerja dari Jakarta ke kota – kota lainnya. Kereta api commuterline adalah kereta api yang jadwal keberangkatannya diatur dalam system computer. Jadwal keberangkatannya yaitu pk. 06.30, pk. 08.00, pk. 11.00, pk. 14.10, pk. 17.00, pk.19.30, pk. 21.00, dan pk. 23.00. Kereta api commuterline ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kereta api commuterline khusus wanita dan kereta api khusus pria dan wanita (dengan menggabung gerbong kedalam satu rangkaian kereta api). Beberapa waktu yang lalu, saya beserta teman – teman saya secara mendadak pergi ke Kebun Raya Bogor untuk sekedar berekreasi. Kami menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi ke Kebun Raya Bogor. Pertama kami naik angkutan kota menuju ke Stasiun Kereta Api Jayakarta Kota. Dari situ kami membeli tiket seharga Rp. 9.000,00 untuk yang AC. Pukul 14.00 kereta api tiba distasiun. Saya melihat kereta membawa jumlah rangkaian gerbong sebanyak 6 gerbong dan saya melihat jumlah calon penumpang yang sangat banyak, tak jauh beda dengan jumlah penumpang yang hendak turun ke Stasiun Jayakarta Kota. Pada saat pintu gerbong dibuka saya melihat penumpang yang turun ke stasiun itu sangat banyak. Saya beserta teman – teman saya menunggu sejenak supaya para penumpang yang didalam kereta keluar semua. Namun yang terjadi adalah aksi saling dorong antara calon penumpang dengan para penumpang yang hendak turun. Akhirnya kami naik kedalam gerbong kereta yang sudah penuh dengan para penumpang. Saya melihat pemandangan yang sangat memprihatinkan dalam perjalanan. Kondisi gerbong lumayan bagus, tetapi AC (Air Conditioner) yang berada didalam kereta api ini tidak menyala hanya kipas angin yang disediakan disetiap gerbong. Belum lagi kereta api yang berhenti disetiap stasiun dan para penumpang yang naik kedalam kereta api tersebut semakin sesak, sehingga saya merasa naik kereta api AC tapi dengan suasana kereta api ekonomi. Padahal janji Kementrian perhubungan tentang penyediaan sarana kereta api commuetrline dengan menyediakan fasilitas yang layak seperti tiap gerbong diberi AC, penambahan gerbong itu semua hanya isapan jempol belaka.

Tujuan kami membahas Keamanan dan kenyamanan kurang diKereta Api Commuterline Bogor – jakarta. karena kami ingin membuat survey tentang pendapat masyarakat mengenai seberapa penting peran keamanan dan kenyamanan yang diberikan PT. Kereta Api Indonesia kepada para penumpang yang menggunakan jasa kereta api commuterline.

 

One thought on “Keamanan dan kenyamanan kurang diKereta Api Commuterline Bogor – jakarta (part 01)

  1. IAda kesalahan. Tidak ada Stasiun Jayakarta Kota. Adanya Jakarta Kota. Lalu Orang masih sering salah soal penyebutan gerbong dan kereta. Gerbong itu untuk barang dan hewan. Kereta untuk penumpang. Kereta itu bukan 1 rangkaian. Kalau 1 rangkaian itu stamformasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s