Bus Transjakarta Belum Optimal Bagi Masyarakat Jakarta


Kelompok: XI

S1-MTU A

Part: II, Bab: I. Pendahuluan

Ketua: Dewi Pristika Wirya S (224109341)

Anggota: Heru Al-Sidiqqi (224109316), Daniel Freddy H. T (224103232)

Bus Transjakarta Belum Optimal Bagi Masyarakat Jakarta

Pada saat ini transportasi sangat dibutuhkan dalam menjalankan aktifitas dan dalam kaitannya dengan hidup di perkotaan. Transportasi memiliki peranan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, terutama yang tingkat pertumbuhan penduduknya yang sangat padat seperti di Jakarta. Pemerintah meluncurkan suatu product transportasi angkutan bus dalam kota yaitu Transjakarta atau yang sering disebut juga Busway, Transjakarta merupakan sarana transportasi dalam bentuk bus. Dengan hadirnya Bus Transjakarta Pemerintah berharap, dapat mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas yang terjadi di Jakarta. Bus Transjakarta pertama kali beroperasi sejak 15 Januari 2004 hingga saat ini. Rute pertama TransJakarta: Blok M – Kota, saat ini rute TransJakarta sudah hampir tersedia diseluruh wilayah Jakarta.

Cukup dengan sekali membayar Rp 3.500 semua golongan masyarakat dapat menggunakan jasa Bus Transjakarta. Pengguna jasa Bus Transjakarta dapat transit pada terminal yang telah tersedia untuk berganti Bus demi melanjutkan perjalanan ketempat yang dituju tanpa harus membayar lagi, kecuali keluar dari terminal. Bus Transjakarta sudah dilengkapi dengan fasilitas Ac, setiap terminal sudah dilengkapi dengan fasilitas map rute tujuan, dan sudah ada jalur khusus untuk Bus Transjakarta demi mempercepat perjalanan.

Walaupun sudah tersedia fasilitas Bus Transjakarta, masih banyak orang yang enggan menggunakan jasa Bus Transjakarta dan memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini disebabkan karena Sistem Management yang buruk, dan masih kurangnya kesadaran dari setiap pengguna jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s