APAKAH FSC (FULL SERVICE CARRIER) KURANG DIMINATI DENGAN HADIRNYA LCC (LOW COST CARRIER)? (PART IV)


Kelompok : 1 (Tugas 4)

Ketua :

Netty Yuliarti 224110176

Anggota :

Elparida Arni Basayanthy 224110133

Claudia Kartika Cahyati 224110163

Kelas : S1 MTU ZU10

LAPORAN HASIL SURVEY

                Kami telah membuat suatu survei yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dalam bentuk kuesioner terstruktur dan tidak terstruktur. Pada kuesioner yang tersruktur, pertanyaan-pertanyaan diajukan dengan beberapa jawaban alternatif (pilihan ganda) yang telah ditentukan oleh kami. Kuesioner ini disebar secara online. Sedangkan pada kuesioner yang tidak terstruktur, pertanyaan-pertanyaan dibuat dalam bentuk essay, responden dituntut untuk mendeskripsikan pemikirannya dalam menjawab pertanyaan kuesioner. Dan kuesioner ini disebar secara offline. Bentuk data yang kami himpun adalah data kualitatif, yakni yang berbentuk kata atau kalimat berupa pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan jawaban. Survey ini dibuat untuk menganalisis permasalahan komparatif yang sifatnya membandingkan bagaimana minat masyarakat terhadap 2 (dua) jenis layanan penerbangan, yaitu Full Service Carrier dan Low Cost Carrier. Total responden yang kami dapat adalah sebanyak 52 responden. Kami melakukan penyebaran kuesioner sejak 2 oktober 2012 hingga 11 oktober 2012.

Di bawah ini merupakan hasil dari survey yang kami lakukan :

Kelompok Responden :

Alasan melakukan perjalanan dan frekuensi perjalanan :

Penanggungan Biaya Perjalanan :

Minat terhadap layanan penerbangan :

ANALISIS DATA

                Dari data-data yang telah kami sebutkan di atas, kami akan membuat suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat masyarakat terhadap layanan Full Service Carrier dengan banyak bermunculannya Low Cost Carrier serta apa yang mendasari dari minat tersebut.

Kami menganalisis bahwa, setelah banyak bermunculannya airline-airline baru dengan konsep Low Cost Carrier atau penerbangan berbiaya murah, banyak masyarakat yang memang beralih untuk menggunakan layanan tersebut, tetapi banyak pula golongan masyarakat tertentu yang tetap setia menggunakan layanan Full Service Carrier. Faktor-faktor yang mendasari hal tersebut menurut data kami diantaranya waktu perjalanan, motif perjalanan, serta penanggungan biaya perjalanan. Berikut ulasan analisis kami:

Jika kita ingin menggunakan layanan terbang Low Cost Carrier, kita harus melakukan pemesanan dari beberapa bulan sebelum melakukan perjalanan. Jika waktu perjalanan dilakukan secara mendadak, maka kita tidak akan bisa melakukan pembelian terhadap layanan tersebut. Karena maskapai penerbangan bertarif rendah sangat mengandalkan strategi promosi mereka jauh-jauh hari sebelum jadwal penerbangan dilakukan, biasanya dalam kurun waktu 3-6 bulan sebelumnya. Semakin dekat dengan hari keberangkatan maka harga tiket akan semakin mahal. Oleh karena itu, golongan masyarakat yang cenderung menggunakan layanan terbang Low Cost Carrier kebanyakan dari kalangan mahasiswa, yang melakukan motif perjalanan untuk liburan yang terencana. Karena liburan tersebut telah direncanakan beberapa bulan sebelumnya, sehingga mereka akan melakukan pembelian minimal 3 bulan sebelum mengadakan perjalanan, dan harga tiket akan cenderung murah. Hal ini juga didasari oleh keterbatasan biaya yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut. Mereka cenderung tidak memikirkan jenis layanan apa yang dapat mereka terima, yang terpenting layanan dasar (destinasi/tujuan) dapat terpenuhi. Sedangkan pebisnis cenderung tetap menggunakan layanan Full Service Carrier, karena para pebisnis akan melakukan perjalanan sesuai dengan jadwal bisnisnya yang terkadang sifatnya mendadak atau tidak bisa direncanakan jauh-jauh hari. Sehingga mereka tidak akan merasa keberatan untuk membayar layanan Full Fare yang mahal. Selain itu dengan jadwal bisnis yang padat akan membuat frekuensi penerbangan mereka juga padat. Dengan frekuensi penerbangan yang padat, pebisnis akan lebih puas untuk menggunakan Full Service Carrier, karena kualitas layanan yang diberikan akan lebih baik dan lebih banyak, sehingga penerbangan mereka akan lebih menyenangkan dan dapat mengurangi tingkat stres mereka akibat padatnya jadwal bisnis. Pada masyarakat yang melakukan perjalanan dengan transportasi udara untuk alasan keluarga, apabila motif perjalanan tersebut timbul akibat dari suatu kejadian darurat yang sifatnya mendadak seperti ada sanak keluarga yang sakit atau meninggal, maka mereka cenderung akan menggunakan layanan terbang Full Service Carrier. Tetapi apabila kunjungan keluarga tersebut dilakukan secara rutin, misalnya setiap hari raya lebaran atau beberapa bulan sekali, masyarakat golongan ini cenderung menggunakan Low Cost Carrier yang dapat dibeli 3-6 bulan sebelum melakukan perjalanan sehingga harganya akan lebih murah. Responden kami yang terakhir adalah golongan pekerja kantor yang melakukan perjalanan atas alasan dinas, yang waktunya dilakukan sesuai dengan ketentuan perusahaan atau instansi tempat mereka bekerja, sehingga waktu perjalanan tidak bisa direncanakan, oleh karena itu, mereka cenderung akan menggunakan layanan Full Service Carrier, selain itu alasan lain mereka menggunakan layanan terbang ini adalah, karena perjalanan dilakukan untuk dinas, maka biaya perjalanan akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan atau instansi tempat mereka bekerja, sehingga mereka tidak akan berkeberatan untuk membayar mahal.

Dari analisis tersebut, kami beranggapan meskipun banyak masyarakat yang beralih menggunakan layanan Low Cost Carrier, tetapi sesungguhnya minat masyarakat terhadap layanan Full Service Carrier tidak berkurang, hal ini tergantung dari tingkat kepentingan dari perjalanan yang mereka lakukan, keterbatasan dana yang dimiliki, dan waktu diadakannya perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s