PILOT LOKAL VS PILOT IMPOR (LANDASAN TEORI)


Kelompok    : 3

Ketua            :

Apsada Juhri (224110131)

Anggota      :

Rio Hafiz Al Caesar (224110079)

Indria Ulufi (224110199)

Feli Ervina (224110180)

 

LANDASAN TEORI

Pilot adalah ujung tombak dari suatu penerbangan. Pilot atau kapten penerbang memiliki tanggung jawab yang besar mengenai keselamatan dan keamanan penerbangan. Oleh karena itu, menjadi pilot adalah bukan suatu hal yang main-main karena berhubungan dengan nyawa ratusan orang penumpang. Hal ini didukung oleh peraturan yang menyatakan sebagai berikut :

“Selama terbang, kapten penerbang pesawat udara yang bersangkutan mempunyai wewenang mengambil tindakan untuk menjamin keselamatan, ketertiban, dan keamanan penerbangan”. (Pasal 55,UU No.1 tahun 2009)

Suatu saat kita akan menghadapi era globalisasi. Dalam era itu, setiap manusia di berbagai negara bebas untuk mencari pekerjaan meskipun itu di dalam ruang lintas negara. Hal tersebut juga berlaku bagi bisnis transportasi udara di Indonesia. Era globalisasi terasa kian mendekat, ditandai dengan telah disepakatinya perjanjian Open Sky antar sesama negara ASEAN. Berbagai maskapai udara di Indonesia juga telah mencoba mengadaptasikan diri dengan mempekerjakan beberapa karyawan, direksi, dan pilot yang berasal dari negara asing.

Ini menjadi suatu hal yang menarik jika kita mencoba menelisik mengenai tingkat kesiapan pilot Indonesia terhadap serbuan pilot asing yang mulai masuk ke dalam dunia transportasi udara Indonesia.

“Setiap personel pesawat udara wajib memiliki lisensi atau sertifikat kompetensi”. (Pasal 58,ayat 1,UU No.1 tahun 2009)

“Personel pesawat udara yang terkait langsung dengan pelaksanaan pengoperasian pesawat udara wajib memiliki lisensi yang sah dan masih berlaku”. (Pasal 58,ayat 2,UU No.1 tahun 2009)

Pada bahasan peraturan diatas, dijelaskan bahwa setiap air crew pesawat udara wajib untuk memiliki lisensi atau sertifikat kompetensi termasuk juga pilot. Hal umum yang telah diketahui oleh masyarakat sebelumnya adalah setiap pilot asing yang masuk ke negara Indonesia untuk bekerja telah memiliki lisensi internasional.

Ini bisa menjadi suatu ancaman bagi pilot dari Indonesia. Selain harus berkompetisi dengan sesama pilot lokal, kini mereka juga harus berkompetisi dengan pilot yang berasal dari negara lain.

Kesimpulannya, pilot yang berasal dari negara asing dapat berkembang di Indonesia. Ini menjadi suatu kewaspadaan tersendiri bagi pilot yang berasal dari Indonesia. Pilot Indonesia harus siap untuk bersaing. Kedepannya akan dipastikan adanya suatu persaingan yang hebat antara pilot asing dengan  pilot lokal dalam dunia kerja. Open Sky yang akan berlangsung tidak hanya memungkinkan pilot asing untuk masuk bekerja di Indonesia, tetapi pilot Indonesia juga dapat bekerja di luar Indonesia apabila memiliki lisensi dan kompetensi yang mumpuni.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s