PILOT LOKAL VS PILOT IMPOR (PENDAHULUAN)


Kelompok    : 3

Ketua            :

Apsada Juhri (224110131)

Anggota      :

Rio Hafiz Al Caesar (224110079)

Indria Ulufi (224110199)

Feli Ervina (224110180)

Kelas :

ZU 10

Latar Belakang

Di dalam dunia penerbangan, pilot adalah unsur yang dianggap paling penting. Pilot adalah sebuah ujung tombak dalam suatu penerbangan. Seorang komandan yang membawa pesawat udara, terbang dari suatu tempat ke tempat lain. Tanggung jawab pilot terbilang sangat besar. Dalam satu penerbangan, keseluruhan pilot bertanggung jawab atas nyawa ratusan penumpang.

Tanggung jawab yang besar sudah sepatutnya diimbangi oleh pelayanan kepada pilot yang seimbang dari maskapai penerbangan. Masih terbayang dalam pikiran kita mengenai rencana pemogokan yang akan coba dilaksanakan oleh Asosiasi Pilot salah satu maskapai ternama di Indonesia tahun 2011 lalu. Ancaman pemogokan pilot ini bisa menjadi masalah serius bagi dunia penerbangan. Bayangkan saja apabilahampir seluruh pilot maskapai penerbangan terbesar di Indonesia ini jadi untuk melaksanakan pemogokan. Maka sudah dapat dipastikan adanya kelumpuhan di sector transportasi udara di nusantara.

Awal masalah ancaman pemogokan ini diakibatkan kecemburuan sosial antara pilot lokal dengan pilot yang didatangkan maskapai penerbangan dari negara lain alias pilot impor. Kabarnya, gaji dan fasilitas yang diberikan kepada pilot impor ini jauh lebih besar dari pilot lokal. Hal inilah yang memicu kecemburuan sehingga menimbulkan sebuah ancaman pemogokan.

Hal inilah yang mendasari kami untuk melakukan sebuah survey untuk melihat persepsi masyarakat atas pilot lokal dan pilot asing. Kami ingin melihat lebih jauh melihat pendapat masyarakat terhadap pilot lokal dan pilot asing. Persaingan antara pilot lokal dan pilot asing di salah satu maskapai terbesar di Indonesia ini juga akan memanaskan Open sky antar sesama negara asean yang sebentar lagi akan kita hadapi bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s