PENTINGKAH COMMERCIAL AREA YANG “MEWAH” BAGI SUATU BANDAR UDARA? (LATAR BELAKANG)


Kelompok     :                                               8

Ketua             :

RIZKY INAYAH                                            224110220

Anggota        :

NURSERY ALFARIDI S. NASUTION     224110046

SEKAR WIDYASTUTI PRATIWI             224110045

NOVIA CAHYA SYAFITRI                         224110225

Kelas                         :                                               S1 ZU10

Latar Belakang

Mobilitas manusia yang semakin berkembang dan membutuhkan segala sesuatu yang cepat, menjadikan pesawat sebagai salah satu alternatif transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Sehingga bandar udara menjadi bagian penting dalam penunjang kegiatan penumpang yang menggunakan pesawat sebagai sarana trasnportasi. Oleh karena itu, bandar udara menyediakan banyak fasilitas demi kenyamanan penumpang.

Namun terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan para penumpang tersebut terjebak di dalam bandar udara sehingga membuat mereka menjadi tidak nyaman berada di dalamnya. Salah satu penyebab tersebut adalah waktu transit atau delay keberangkatan pesawat yang memakan waktu lama sehingga dapat membuang waktu para penumpang dengan percuma. Oleh karena itu, bandar udara sebagai pihak yang bertanggung jawab atas penumpang, menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang di dalam bandar udara agar para penumpang tersebu dapat memperoleh kenyamanan selama menunggu di dalam bandar udara sekaligus dapat memberikan nilai tambah berupa tambahan pendapatan bagi bandar udara.

Salah satu fasilitas penunjang pelayanan penumpang di dalam bandar udara adalah commercial area. Commercial area merupakan salah satu daya tarik bagi suatu bandara. Area tersebut adalah salah satu bagian favorit bagi pengunjung bandara yang sebagian besar merupakan penumpang pesawat. Hal ini dikarenakan area tersebut memiliki banyak fasilitas menarik. Bahkan ada beberapa bandara yang memiliki game station, skyrink, bioskop, bahkan casino di dalam area tersebut.

Sekarang, tidak sedikit bandara yang mengembangkan wilayah komersilnya untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Namun tidak hanya menjadi suatu pelengkap fasilitas bandara dan meningkatkan jumlah pengunjung, area ini juga dapat meningkatkan pamor bandar udara tersebut apabila dibangun secara mewah dan megah. Hal itu tentu akan meningkatkan pula pendapatan bandara.

Pengembangan area komersil di dalam bandar udara tersebut tentunya membutuhkan rencana yang matang serta biaya yang cukup besar dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaian antara luas area bandar udara, dana yang tersedia, serta rancangan yang tepat agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan penumpang.

Hal itulah yang menjadi alasan kami membuat penelitian ini dengan tema pentingnya pembangunan commercial area bagi suatu bandar udara, dengan tujuan untuk mencari tahu pengaruh apa yang akan dirasakan oleh pihak bandar udara maupun penumpang apabila area komersil tersebut dibangun seapik mungkin oleh pihak bandar udara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s