Ground Handling


Kelompok 7

Ketua             : Reyfilda Welman (2431.11.005)
Anggota         : Bayu Wahyudin (2431.11.009)
Hanna Oktaviani (2431.11.010)
Irmalia Fitriani (2431.11.018)

Kelas              : Ground Handling 2011

GROUND HANDLING

Dikarenakan beberapa maskapai penerbangan tidak mampu bekerja sendiri dalam menangani pelayanan terhadap penumpang seperti pada bagian terminal , check in counter , boarding gate , transfer desk , dibagian ramp seperti Loading unloading bagasi , disembark dan embark penumpang dan di bagian cargo seperti , build up , acceptance , docpross sehingga Airlines hanya berfokus pada penumpang demi meningkatkan kualitas pelayanan. Maka Didirikannya Perusahaan Ground Handling.

Ground Handling adalah penangan penumpang dan bagasi didarat sebelum naik kedalam pesawat, jadi semua aspek yang ada didarat bandara adalah peranan dari ground handling. Ground handling memliki 3 bagian yaitu terminal, apron (ramp area) dan warehouse ( cargo area).
Tanpa adanya Pihak Ground Handling maka pihak maskapai ataupun airlines akan kesulitan dalam menangani penumpang serta bagasi . Pihak Ground handling juga harus bekerja secara Profesional dalam menjalankan tugasnya , agar tidak terjadinya accident dan incident .

Pada pembahasan kali ini kami membahas tentang Seluruh kegiatan yang dilakukan Pihak Ground Handling pada bagian bagian di bandara .

i.        Bagian dalam ground handling Terminal di bandara adalah tempat yang digunakan untuk proses pelayanan penumpang , pihak ground handling melayani penumpang dengan cara melayani :

  1. Check In , disini berarti pihak ground handling  berperan dalam memasukan nama penumpang ke dalam system , memeriksa tiket dan memeriksa passport dan visa ( jika perlu digunakan )
  2. Mengarahkan penumpang untuk masuk kedalam boarding gate dan mengarahkan penumpang untuk menunggu pesawat didalam boarding gate.

ii.        Apron ( Ramp area ) : adalah tempat dibandara yang digunakan untuk proses naik turun penumpang , bongkar muat barang , refueling dan cathering. Jadi pihak ground handling bertugas agar semua bagian bagian dalam ramp area dapat berjalan dengan baik sehingga pesawat dapat digunakan untuk take off.

iii.        Warehouse ( Cargo area ) adalah tempat di bandara yang digunakan untuk menyimpan cargo yang terdiri dari general cargo , special cargo dan dangerous goods . mula mula pihak ground handling menangani acceptance agar cargo dapat di pilih dan di berikan data untuk masuk dalam gudang , lalu di bagian docpross adalah untuk memproses cargo dan menyiapkan manifest agar cargo dapat masuk kedalam pesawat . lalu yang terakhir build upcargo akan di timbang dan di hitung untuk masuk kedalam gudang dan di persiapkan untuk masuk kedalam pesawat.

Safety dalam operasional penerbangan adalah hal yang paling utama sebelum service dan tidak ada tawar menawar (kompromi) dalam masalah safety. Sebaik apapun service yang diberikan pada penumpang tidak akan berarti apa-apa kalau keselamatannya tidak terjamin.
Tujuan akhir dari pelayanan petugas ground handling adalah Customer Satisfaction, yaitu kepuasaan pelanggan dalam hal ini adalah penumpang dan pihak airlines.
Untuk mencapai tujuan akhir tersebut, maka harus diperhatikan beberapa aspek yang tidak boleh diabaikan, yaitu:
1. Aspek safety (keselamatan)
2. Aspek secure (keamanan)
3. Aspek convenience (kenyamanan)
4. Aspek punctuality (ketepatan waktu)
5. Aspek reliability (kehandalan pelayanan yang diberikan)

Keutamaan dalam pelayanan, 4 Must:
1. Greeting (salam)
2. Sering menyebut nama penumpang
3. Perhatian penuh kepada penumpang
4. Mengucapkan selamat jalan

Iklan

One thought on “Ground Handling

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s