GROUND HANDLING on RAMP HANDLING


KELOMPOK                         : 1

KELAS                                    : D3 MTU-GH 11

DOSEN                                  : EKO PROBO D WARPANI

NAMA                                  : HETRO HANDITRO                                         2431 11 003

RARA RESTI REGATA                                     2431 11 014

NELA RIZKY FEBRIYANTI                              2431 11 023

ZAHIR

Bandar Udara merupakan suatu unsur terpenting dalam penerbangan, bandar udara juga mempengaruhi terlaksana atau tidaknya suatu penerbangan. Bandar udara merupakan tempat terlaksananya berbagai aktivitas opersional penerbangan, seperti :check-in, boarding, penanganan pelayanan terhadap pesawat dan lain-lain. Dalam melaksanakan operasional penerbangan tersebut terdapat suatu unit yang fokus dalam pelayanan opersional penerbangan, yaitu Ground Handling.  Ground Handling adalah satu unit yang menangani pelayanan operasional pesawat udara selama di darat. Ruang lingkup kegiatan Ground Handling diantaranya yaitu Passenger Handling, Ramp Handling, dan Cargo Handling, dimana masing masing ruang lingkup tersebut terdapat suatu proses yang berbeda-beda.

Dalam tulisan ini, kami akan membahas mengenai kegiatan kegiatan dalam Ramp Handling.

RAMP HANDLING

Ramp Handling merupakan suatu kegiatan operasional penerbangan yang melakukan pelayanan terhadap pesawat di apron. Penanganan Ramp Handling dimulai dari pesawat landing hingga pesawat take off kembali. Sebelum pesawat tiba, Ramp Dispatcher akan menyiapkan peralatan-peraltan yang dibutuhkan dalam penanganan pesawat udara. Ramp Dispatcher adalah orang yang melaksanakan serta bertanggung jawab dalam kegiatan Ramp Handling yang sedang berlangsung.

Selama pesawat di darat kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh Ramp Dispatcher diantaranya seperti :

–          Loading / Unloading penumpang. Cargo,pos, dan bagasi.

–          Pengisian bahan bakar, Air bersih, dan Lavatory

–          Pengisian Cathering

–          Dan lain sebagainya

Dalam kegiatan-kegiatan tersebut para Ramp Dispatcher melakukannnya sesuai dengan referensi yang terdapat dalam buku :

–          AHM (Airport Handling Manual) IATA 1998

–          Station Handling Manual

–          GOM (Ground Operation Manual)

–          Dan lain-lain

Referensi ini bertujuan agar dalam pelaksanaanya safety akan tetap terjaga, sehingga menimalisir atau menghindari adanya kecelakaan serta kerugian yang ditimbulkan.

Selain Safety, Ramp Dispatcher juga memperhatikan “Ontime performance“ dalam melaksanakan pelayanan terhadap pesawat udara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s