Contoh Laporan PKL D3, IPB – Bogor (Part 3)


II. KEADAN UMUM LOKASI

2.1 Lokasi dan Tata Letak

Perusahaan Taufan’s Fish Farm memiliki tiga lokasi unit kegiatan produksi budidaya ikan hias yaitu di Ciluer Kecamatan Kedung Halang, Komplek Baranangsiang Indah Blok G1 dan Maseng Kecamatan Caringin. Lokasi kegiatan PKL ini adalah Desa Tanah Baru, Ciluer, Kecamatan Kedung Halang, Kota Bogor. Lokasi ini merupakan kantor pusat perusahaan Taufan’s Fish Farm. Unit ini terbagi atas dua lokasi yang berada di tepi jalan Tanah Baru. Luas lokasi pertama sekitar 800 m2 dan lokasi kedua sekitar 400 m2. Kedua lokasi ini berdekatan dengan sungai. Jarak lokasi perusahaan peternakan ikan hias unit Ciluer kurang lebih 100 m dari jalan raya Bogor-Cibinong dan 52 km dari Jakarta. Di lingkungan sekitar bangunan perusahaan ini terdapat perumahan penduduk, pabrik aquarius fiberglass dan pabrik tapioka.

Unit produksi Maseng-Carigin terletak di desa Warung Menteng, Kecamatan Caringin, Kota Bogor, dengan luas sekitar 13.000 m2. Unit produksi Baranangsiang Indah terletak di Komplek Baranangsiang Indah Blok G1, Kota madya Bogor, dengan luas sekitar 400 m2.

Adanya lokasi kegiatan yang berbeda dari segi teknik budidaya sangat menguntungkan, karena berguna untuk penyesuaian lingkungan antara kualitas air yang tersedia di masing-masing lokasi, dengan jenis ikan hias yang akan di budidayakan di lokasi tersebut. Denah wilayah Taufan’s Fish Farm dapat dilihat pada Lampiran 1.

Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan di divisi ikan dengan batas lokasi sebagai berikut:

  1. Sebelah Barat berbatasan dengan sungai
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan pabrik tepung tapioka.
  3. Sebelah Utara berbatasan dengan Hatchery ikan konsumsi.
  4. Sebelah Selatan berbatasan dengan pemukiman penduduk desa Kedung Halang.

Lokasi ini dipengaruhi oleh dua musim yaitu musim penghujan pada bulan Maret – November, sedangkan pada musim kemarau pada bulan April – Oktober. Peta wilayah Desa Tanah Baru Jawa Barat dapat dilihat pada Lampiran 2.

2.2 Sejarah

Taufan’s Fish Farm adalah perusahaan budidaya ikan hias perorangan milik Bapak Gunawan Wijaya yang didirikan di Maseng, Kecamatan Caringin tahun 1986. Pada awal mulanya usaha difokuskan pada budidaya ikan konsumsi seperti ikan mas Cyprinus carpio, ikan nila Tilapia niloticus, ikan jelawat Leptobarbus hoeveni dan ikan lainnya. Tetapi karena harga ikan konsumsi yang tidak dapat mengikuti perkembangan harga pakan yang tinggi, maka usaha beralih ke jenis-jenis ikan lain seperti ikan jambal siam Pangasius sutchi dan jenis ikan hias. Dalam mengembangkan usahanya, Taufan’s Fish Farm membuka usaha  pembenihan ikan hias lainnya di daerah Baranangsiang Indah dan Ciluar, Kecamatan Kedung Halang, Kota Bogor. Selain mengembangkan ternak ikan sendiri perusahaan ini juga menampung berbagai jenis ikan hias air tawar dari para petani.

Lokasi perusahaan yang terletak di Kedung Halang difungsikan sebagai kantor pusat perusahaan dengan pertimbangan bahwa letaknya paling strategis dibandingkan dengan letak kedua lokasi lainnya. Ikan-ikan yang diproduksi di wilayah Maseng dan Baranangsiang Indah sebagian ditampung di unit Kedung Halang.

Pada awalnya usaha Taufan’s Fish Farm berjalan dengan baik. Beberapa tahun kemudian perusahaan Taufan’s Fish Farm selalu mengalami kerugian, hal ini disebabkan karena sistem manajemen perusahaan yang tidak efektif. Pada tahun 1989 terjadi pergantian pemimpin di dalam perusahaan Taufan’s Fish Farm Ibu Euis S. Djohan masuk menggantikan Bapak Gunawan Widjadja sebagai pemimpin perusahaan. Sejak itu perusahaan Taufan’s Fish Farm berada di tangan Ibu Euis S. Djohan dan memberlakukan sistem bagi hasil antara Bapak Gunawan Widjadja dengan Ibu Euis S. Djohan. Sejak dipimpin oleh Ibu Euis S. Djohan, keadaan perusahaan perlahan mengalami kemajuan.

Selama dipimpin oleh Ibu Euis. S Djohan. Perusahaan Taufan’s Fish Farm kerap mengadakan riset dan pengembangan. Salah satunya adalah pada tahun 1997. Taufan’s Fish Farm mengadakan riset dan pengembangan ikan hias jenis Botia di daerah Jambi dengan bantuan seorang Insinyur Perikanan yang berasal dari Perancis. Selain itu, perusahaan Taufan’s Fish Farm melakukan riset mengenai kawin suntik ikan hias jenis Bala Shark.

Taufan’s Fish Farm memiliki perizinan usahanya, berupa SIUP (Surat Izin Usaha Perikanan) dari Dinas Perikanan PEMDA Provinsi Daerah Tingkat I Jawa Barat No. 503.1962/Binus tanggal 25 Maret 1991 dengan rekomendasi usaha perikanan dari Dinas Perikanan Kabupaten Daerah Tingkat II Bogor No. 523/138/1991 tertanggal 2 Maret 1991.

2.3 Struktur Organisasi dan Tata Kerja

Stuktur organisasi pada perusahaan Taufan’s Fish Farm adalah kepada perusahaan di jabat dipimpin oleh seorang direktur, yang berwenang dalam mengeluarkan keputusan penting yang berkaitan dengan pengembangan usaha. Direktur dibantu oleh beberapa manajer bidang kegiatan perusahaan yaitu manajer bidang pemasaran dan sales promotion yang bertugas antara lain mengadakan hubungan dengan para eksportir serta mencari pasaran, manajer bidang akuntansi dan finansial yang bertugas antara lain mengatur gaji karyawan, serta manajer bidang produksi dan transportasi yang bertugas mengontrol ketiga lokasi budidaya milik Taufan’s Fish Farm. Tenaga kerja Ciluer dibagi menjadi dua kelompok yaitu, bagian administrasi kantor dan bagian tenaga lapangan. Jumlah karyawan di Taufan’s Fish Farm berjumlah 20 orang. Setiap karyawan mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing ditiap divisi. Setiap jenis ikan yang dibudidayakan ditangani oleh satu orang karyawan yang bertanggung jawab dalam kegiatan tersebut, mulai dari periapan wadah pemijahan, pemberian pakan, penanganan penyakit, penyortiran, pengepakan dan lain-lain. Pembagian tugas ini disesuaikan dengan kemampuan menguasai teknik budidaya (Gambar 1).

Sistem pengupahan di Taufan’s Fish Farm adalah dengan sistem bulanan dan mingguan. Tunjangan lain yang diberikan berupa tunjangan Hari Raya komisi hasil penjualan setiap bulan dan komisi lembur pada hari libur. Adapun pendidikan terakhir serta jabatan karyawan Taufan’s Fish Farm dapat dilihat pada Tabel 1.

Keterangan :

  1. Unit Produksi Ciluer – Kedung Halang
  2. Unit Produksi Baranangsiang Indah
  3. Unit Produksi Maseng Caringin

Gambar 1.Struktur Organisasi Taufan’s Fish Farm

Tabel 1. Tingkat Pendidikan Karyawan di Taufan’s Fish Farm

No Tingkat Pendidikan Jumlah Jabatan
1 Sarjana 3 Manajer dan staff administrasi serta penanggung jawab produksi
2 SMA dan SUPM 7 Pelaksana kegiatan produksi
3 SMP 3 Pelaksana kegiatan produksi
4 SD 6 Pelaksana kegiatan produksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s