Contoh Laporan PKL D3, IPB – Bogor (Part 4)


III. FASILITAS PEMBENIHAN

 

3.1 Fasilitas Utama

Fasilitas utama merupakan fasilitas pokok seluruh kegiatan budidaya khususnya kegiatan pembenihan di Taufan’s Fish Farm. Fasilitas pembenihan utama yang terdapat di Taufan’s Fish Farm diantaranya adalah wadah, energi, sistem tata air dan sistem aerasi.

 

3.1.1 Wadah

Wadah merupakan faktor utama yang mendukung kegiatan pembenihan sehingga perlu diperhatikan bentuk dan posisinya. Taufan’s Fish Farm memiliki fasilitas wadah yang meliputi tandon air tawar, pemeliharaan, pemijahan induk, penetasan telur, pemeliharaan larva dan wadah kultur pakan alami. Akuarium yang digunakan untuk pemeliharaan induk, pemijahan dan inkubasi telur berukuran 50 x 40 x 30 cm (Gambar 2 A), sedangkan akuarium untuk pemeliharaan benih berukuran 80 x 40 x 46 cm. Akuarium yang berada di Taufan’s Fish Farm tersusun dengan dua tingkat dan tertata rapi (Gambar 2 B).

Bak tandon yang digunakan sebagai tempat penampungan air tawar untuk proses pengendapan yang sebelum digunakan langsung ke wadah pemeliharaan, setelah itu air penampungan yang sudah diendapkan lalu dialirkan kedalam akuarium maupun bak pemeliharaan ikan maanvis. Bak tandon yang digunakan berkapasitas 2000 liter, yang dilengkapi dengan aerasi, pipa dan selang yang berukuran 5/8 inchi, lalu dialirkan ke wadah pemeliharaan maupun wadah pemijahan (Gambar 2 C).

A                                                          B

C

Gambar 2. Tata ruang akuarium (A), akuarium pemijahan (B), tandon (C)

 

Tabel 2. Fasilitas Wadah di Taufan’s Fish Farm Bogor, Jawa Barat

No.

Wadah

Bahan

Bentuk

Dimensi

Volume

Jumlah

1.

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

4.

5.

Tandon

Pemijahan induk

  1. Maanvis
  2. Diskus
  3. Lobster

 

 

Akuarium pemeliharaan

  1. Maanvis
  2. Diskus
  3. Lobster

Kultur artemia

Freezer

 

Beton

 

Kaca

Kaca

Kaca

 

 

 

Kaca

Kaca

Kaca

Fiber

Besi

 

 

Persegi

 

Persegi

Persegi

Persegi

 

 

 

Persegi

Persegi

Persegi

Persegi

Persegi

 

 

10m

50x30x30cm

  100x50x40cm

100x50x50cm

80x40x46cm

  100x50x40cm

100x50x50cm

            –

150x65x85cm

11796liter

 

20 liter

100liter

100liter

 

20 liter

100liter

100liter

60liter

200kg

1 unit

 

40 unit

15 unit

35 unit

 

 

 

35 unit

66 unit

35 unit

1 unit

1 unit

Wadah penetasan naupli artemia berupa cerobong yang terbuat dari fiber dengan kapasitas 60 liter (Gambar 3A). Selain artemia ikan maanvis juga diberi pakan berupa cacing darah beku bloodworm. Penyimpanan pakan alami menggunakan freezer yang berukuran 150 x 65 x 85 cm (Gambar 3 B). Cacing sutera merupakan pakan tambahan yang diberikan untuk indukan maupun larva ikan maanvis. Cacing ditempatkan di bak beton dengan ukuran 190 x 60 x 30 cm3 dan ketinggian air maksimal 15 cm (Gambar 3 C).

 

                             A                                                               B

C

Gambar 3. Wadah penetasan artemia (A), freezer (B), bak cacing sutera (C)

 

3.1.2 Sumber Air

            Pembenihan ikan maanvis yang berada di Taufan’s Fish Farm menggunakan air sumur dengan kedalaman 20 meter. Air ini dialirkan ke bak beton (tandon) dengan menggunakan tenaga pompa dan pipa paralon dengan merk unilon yang berukuran 1 inchi. Pompa yang digunakan berdaya 220 volt dengan kapasitas 32 L/menit. Air yang sudah melalui proses pengendapan di bak tandon dialirkan kedalam akuarium pemijahan ataupun akuarium pemeliharaan larva dan benih dengan menggunakan selang.

A                                                             B

Gambar 4. Sumur (A), pompa air (B)

3.1.3 Energi

Listrik merupakan salah satu fasilitas yang penting karena sebagai sumber energi yang dapat digunakan untuk menggerakan pompa air, dan menggerakan blower yang menghasilkan oksigen secara terus menerus. Sumber tenaga listrik Taufan’s Fish Farm berasal dari PLN Cabang Bogor dengan kapasitas daya 50.000 watt dan generator set untuk sumber energi cadangan. Genset yang digunakan dengan merk Daimler Bens tipe DM 314 V (Gambar 5 A) yang berkapasitas 5000 watt. Generator set ditempatkan di dalam ruangan tertutup dengan luas 4 m x 2,5 m (Gambar 4 B). Generator menggunakan bahan bakar solar yang ada di dalam tangki berupa tong yang disimpan didekatnya (Gambar 5 C).

                                    A                                                         B

 

C

Gambar 5. Generator set (A), ruangan generator set (B) dan tempat bahan bakar genset (C).

3.1.4 Instalasi Aerasi

Oksigen terlarut sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembenihan. Cara untuk mendapatkan suplai oksigen maka digunakan blower yang menghisap udara untuk distribusikan ke dalam akuarium-akuarium pemeliharaan. Jenis blower yang digunakan yaitu jenis Vortex blower SV 140 (Gambar 6) dengan kapasitas 140 m3 /jam. Udara didistribusikan dari blower melalui pipa PVC berdiameter 2,5 inchi lalu ke pipa PVC berdiameter 1 inchi. Selang aerasi berdiameter ¼ inchi menghubungkan pipa aerasi 1 inchi ini dengan akuarium pemeliharaan ikan.

 

Gambar 6. Vortex blower

3.2 Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung yang ada di Taufan’s Fish Farm berupa bangunan dan kendaraan sebagai alat transportasi. Bangunan yang terdapat di Taufan’s Fish Farm terdiri dari Mussolla, ruang pakan, dapur, kantor utama, kantor tata usaha, rumah genset, serta tempat peristirahatan pegawai. Kendaraan yang ada di Taufan’s Fish Farm adalah motor Jupiter Z dan mobil panther. Rincian dari fasilitas pendukung yang berada di Taufan’s Fish Farm dapat dilihat pada Tabel 3.

Tabel 3. Fasilitas Pendukung di Taufan’s Fish Farm

Uraian Spesifikasi Jumlah
  1. Bangunan
–          Kantor utama dan tata usaha Luas 100 m2 1 unit
–          Mussolla                                           –                                 1 unit
–          Rumah genset Luas 100 m2 1 unit
–          Tempat peristirahatan pegawai 1 unit
–          Ruang makan (dapur) 1 unit
  1. Kendaraan
   
–          Mobil panther   1 unit
–          Motor jupiter z   1 unit

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s