Tiket Pesawat Murah Citilink yang Menjebak Konsumen


Tiket Pesawat Murah Citilink yang Menjebak Konsumen

Kelompok:

1. Naufal Ali Hamdi  224111254

2. Efra Umara  224111089

3. Novri Hanggoro  224111090

4. Aditya Wisnu W  224112047

GH Kelas D

BAB I PENDAHULUAN

Jumlah penumpang transportasi udara di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2012 jumlah penumpang domestik mencapai 60 juta penumpang meningkat 20% dari tahun sebelumnya. Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas, membentang dari Sabang sampai Merauke. Hal ini membuat kebutuhan akan transportasi yang cepat dan murah sangat tinggi seiring dengan tingkat pendapatan masyarakat yang meningkat.

Tidak seperti beberapa dekade yang lalu, sekarang ini jasa transportasi udara sudah bisa dinikmati oleh masyarakat tingkat menengah maupun rendah. Seiring dengan masuknya konsep bisnis LCC di Indonesia, membuat maskapai yang berbasis LCC bersaing menjual harga tiket serendah-rendahnya untuk mendapatkan hati di masyarakat. Tidak sedikit juga maskapai yang sudah menutup usahanya dikarenakan tidak mampu lagi bersaing harga.

Meskipun begitu, banyak masyarakat yang merasa ditipu atau dirugikan karena telah membeli tiket murah, namun pihak maskapai boleh seenak-enaknya mengganti jadwal penerbangan yang sangat merugikan calon penumpang. Bahkan ada calon penumpang yang tidak diberitahu akan penggantian jadwal tersebut. Calon penumpang tidak diberitahu bahwa untuk menikmati fasilitas maskapai lainnya harus membayar lagi dan lain sebagainya. Salah satu dari sekian banyak maskapai yang menjual tiket murah adalah Citilink.

Banyak calon penumpang yang merasa dirugikan karena telah merasa tertipu oleh maskapai Citilink yang menjual tiket murah. Berapa banyak calon penumpang yang pernah mengalami hal serupa? Apakah dilain waktu mereka akan menggunakan jasa maskapai yang telah menipunya lagi? Atau mereka justru pindah ke maskapai lain dengan pelayanan lebih baik? Jadi seberapa efektifkah penerapan penjualan harga tiket murah Citilink dalam menarik hati para konsumen?

Dengan tujuan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dan mencarikan solusi terbaik untuk calon penumpang maupun pihak Citilink agar tetap mendapatkan kesetiaan para konsumennya, kami memilih judul Tiket Pesawat Murah Citilink yang Menjebak Konsumen.

5 thoughts on “Tiket Pesawat Murah Citilink yang Menjebak Konsumen

  1. Gmn bs d bilang menipu,, kan sblmny ud d kasi tau k penumpngnya klo mw make fasilitasnya mesti bayar lagi .. lg pula itu termasuk slh satu faktor yg ngebedain LCC sm full service kan??

  2. sebenarnya konsumen sudah mendapatkan pilihan, mau yang fasilitas pelayanan lengkap ambil Airlines full service, kalau mau cepat sampai tujuan tapi budget kurang ya pilih fasilitas pelayanan minim low cost carrier, jika ingin pelayanan lebih maka harus bayar extra. sebaiknya baca ketentuan maskapai tentang tiket murah terlebih dahulu.

  3. Konsumen sekarang harus pintar, pahami dulu peraturan penerbangan yang dikeluarkan Dirjen Perhubungan Udara dan UU no.1 tahun 2009 tentang penerbangan, juga baca baik-baik peraturan yang dikeluarkan oleh perusahaan penerbangan itu sendiri tentang tiket pesawat yang dikeluarkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s