ANALISIS KONSTRUKSI SPIDER WEB UNTUK APRON


ANALISIS KONSTRUKSI SPIDER WEB UNTUK APRON

Kelompok      :

  1. Muktarom                  (NIM 2341. 13. 006)
  2. Hari Setyanto            (NIM 2341. 13. 003)
  3. Raiza Pricilia               (NIM 2241.10.244)
  4. Gustiana triyani        (NIM 2241.10.300)

Kelas  :

      I.        Latar Belakang

Fasilitas bandar udara terdiri dari fasilitas sisi darat dan fasilitas sisi udara. Fasilitas sisi darat terdiri dari terminal, tempat parkir kendaraan penumpang dan curb. sedangkan fasilitas sisi udara terdiri dari runway, taxiway dan apron. Apron merupakan bagian dari bandar udara yang digunakan sebagai tempat parkir pesawat terbang. Selain untuk parkir, apron juga digunakan untuk kegiatan ground handling. Konstruksi apron umumnya menggunakan kontruksi flexible (asphalt) dan kontruksi beton bertulang, karena memikul beban yang sangat besar maka diperlukan suatu konstruksi bangunan yang kuat dan tahan lama.

Dari uraian diatas maka penulis tertarik untuk membuat tulisan dengan judul “ ANALISIS KONSTRUKSI SPIDER WEB UNTUK APRON”.

    II.        Rumusan Masalah

Sering rusaknya apron dalam jangka waktu pendek, tidak cukup hanya menggunakan kontruksi flexible (asphalt) dan kontruksi beton bertulang terlebih jika apron dibangun pada lahan dengan jenis lahan gambut atau tanah yang tidak stabil (mudah bergerak) ,maka dari itu diperlukan suatu cara untuk bisa menyelasaikan atau mengatasi kondisi tersebut,untuk itu kami mencoba untuk membuat atau menganalisis pembuatan apron dengan system Spider Web.

   III.        Batasan Masalah

Agar pembahasan tidak meluas maka penulis hanya membatasi masalah mengenai konstruksi apron pada lahan yang berjenis lahan gambut atau tanah yang tidak stabil (mudah bergerak).

  IV.        Tujuan dan Manfaat

  1. Tujuan

Adapun tujuan yang hendak dicapai melalui tulisan ini adalah Agar kedepannya konstruksi spider web bisa diterapkan pada bandara-bandara dengan kondisi tersebut.

  1. Manfaat
    1. Bagi Penulis

Untuk menambah pengetahuan tentang konstruksi apron.

  1. Bagi Pembaca

Agar pembaca mengerti tentang seluk beluk konstruksi spider web untuk apron.

4 thoughts on “ANALISIS KONSTRUKSI SPIDER WEB UNTUK APRON

  1. kalian jurusan teknik sipil? mengerti tentang konstruksi bangunan? pernah ikut kuliah analisa teknik? pernah kuliah konstruksi bangunan?

    • mohon maaf pak, salah satu anggota kelompok kami memang basiknya teknik sipil. itulah yang mendasari kami untuk memakai judul tersebut, jika bapak kurang berkenan kami telah mengirimkan judul alternatif yang lain. mohon bimbingan dan koreksinya pak.
      Terima Kasih

      • Kalau ada pertanyaan tentang klasifikasi tanah berdasarkan sistem AASHTO atau UNIFIED kalian tidak akan mengerti, yang mengerti hanya teman kalian yang pernah kuliah Teknik Sipil.

        Selain itu untuk membuat konstruksi ini kalian harus menghitung beban statis yang terdiri dari beban mati, beban hidup dan beban khusus, hal ini akan menyulitkan kalian. Itu baru beban statis belum lagi beban dinamis bergetar dan beban dinamis impak, apalagi ini tentang apron, harus dihitung beban akibat pengereman pesawat.

        Apakah kalian siap menerima pertanyaan dari saya tentang metode pengaruh Newmark ?

        Konstruksi spider web berkaitan dengan plat pondasi yang akan digunakan, siapkah seluruh kelompok kalian kalau saya tanyakan tentang eksentrisitas dari gaya-gaya vertikal terhadap titik pusat luasan pondasi?

        Analisis konstruksi pasti memerlukan pengujian tanah di lab mekanika tanah, bagaimana dengan data Sondir, Boring, Direct Shear Test, Atterberg Limits dan lain-lain?

        Bagaimana? Masih mau lanjut judul ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s