Penggunaan RFID dan E-Baggage


Kelompok GH ZU11

Ketua : Muhammad Fausan (2241.11.120)

Anggota :
Silvia Yuniarti (2241.11.008)
Andriyani Puspita Dewi (2241.11.033)
Meinur Adha (2241.11.037)
Astria Herera Gultom (2241.11.061)
Dwiyantie RH (2241.11.110)

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

            Seiring dengan berkembangnya transportasi udara maka kebutuhan akan  pelayanan jasa pada industri transportasi udara juga semakin meningkat dari tahun ke tahun.  Hal ini terlihat dari semakin padatnya jumlah penumpang di bandara setiap  hari. Transportasi udara memiliki keunggulan dibandingkan dengan transportasi lainnya dalam hal jangkauan jarak yang lebih luas maupun penghematan waktu dalam perjalanannya. Sehingga pada saat ini transportasi udara sudah menjadi pilihan utama.

        Dalam dunia jasa penerbangan ketepatan dan kecepatan suatu pelayanan menjadi suatu nilai wajib yang harus selalu dijalankan, khususnya dalam pelayanan penumpang pada saat check-in dan pelayanan bagasi. Selain untuk memberikan kepuasan kepada penumpang, pelayanan yang baik juga semakin memberi kontribusi yang besar untuk bisnis pelayanan jasa penerbangan.

            Sekarang ini kemajuan sistem informasi dan teknologi sudah sangat pesat, begitu juga dalam dunia penerbangan. Penggunaan sistem informasi dan teknologi sangat bermanfaat dalam menunjang kelancaran kegiatan operasional transportasi udara. Banyaknya kasus tentang bagasi yang tertukar, hilang bahkan dibongkar sudah menjadi cerita sehari-hari khususnya di negeri ini. Hal tersebut semakin meyakinkan bahwa  penggunaan sistem informasi dan teknologi yang tinggi semakin dibutuhkan. Begitu juga dengan penanganan penumpang khususnya pada saat check-in, keterbatasan kemampuan sumber daya manusia dan tingkat kebutuhan yang cukup tinggi membuat level of service sering kali tidak terpenuhi.

            Oleh sebab itu, sebagai pihak-pihak terkait atas kelancaran kegiatan di dunia penerbangan yaitu airlines dan bandara ( penyedia layanan penerbangan ) harus melakukan berbagai strategi khusus dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pemenuhan kebutuhan pelanggan dari dalam negeri maupun luar negeri yang semakin tinggi dari waktu ke waktu. Sehingga menimbulkan pemikiran dan metode penyelesaian masalah ini terhadap penggunaan jasa yaitu dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih canggih maka terciptalah ide yaitu suatu sistem RFID (Radio Frequency Identification) sebagai solusi untuk mengatasi masalah penanganan pelayanan penumpang pada saat check-in maupun penanganan bagasi dalam bentuk e-baggage.

Tujuan

Diketahui manfaat dari penggunaan RFID dan e-baggage terhadap pelayanan check-in penumpang dan bagasi.

Manfaat

Dapat memberikan rekomendasi berdasarkan analisa untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

One thought on “Penggunaan RFID dan E-Baggage

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s