Sky Bridge Bandara Soekarno Hatta (BAB I)


Kelompok :

1. Sarah Evani (2241.11.003)

2. Deri Sully Arthalina (2241.11.022)

3. Puput Muslimah (2241.11.034)

4. Novita Rosy (2241.11.046)

5. Rizkita Putri (2241.11.067)

6. Nur Hasanah (2241.11.203)

Kelas : ZU 11

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.   Latar Belakang

Di era globalisasi saat ini perjalanan menggunakan jasa transportasi udara semakin meningkat, tidak hanya dinikmati oleh kalangan menengah atas , tetapi kini telah menyentuh semua kalangan. Pada dasarnya terdapat dua tujuan umum seseorang atau lebih melakukan perjalanan, yaitu Perjalanan Bisnis, Mengunjungi Relasi/Keluarga maupun melakukan kegiatan wisata yang ditambah lagi dengan peningkatan ekonomi yang terjadi saat ini di Indonesia.

Hal tersebut yang menyebabkan peningkatan jumlah pengguna bandara meningkat sangat pesat dari tahun ke tahun, khususnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang sudah dipadati pengguna bandara yang tidak hanya pada saat peak season saja. Pihak pengelola bandara sudah mengantisipasi masalah tersebut dengan menyediakan fasilitas transportasi darat berupa shuttle bus antar terminal. Namun hal itu dirasa kurang efektif karena hanya membuat lalu lintas darat di sekitar terminal semakin padat.

Oleh karena itu, berdasarkan masalah diatas, kami akan mengkaji pembangunan ‘sky bridge’ antar terminal guna mengurai kepadatan lalu lintas di sekitar bandara. Sky Bridge ini nantinya akan menjadi salah satu alternatif bagi pengguna bandara untuk melakukan perpindahan antar terminal, sehingga kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh penumpang akan tersebar dalam beberapa cara dapat dengan menggunakan Free Shuttle Bus dan juga dengan melewati Sky Bridge yang menghubungkan antar terminal. Selain untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan di bandara, Sky Bridge juga dapat digunakan sebagai ajang promosi bagi keindahan alam dan juga kebudayaan dari Indonesia.

 

  1. Tujuan dan Manfaat
  2. Tujuan
    1. a.  Untuk menerangkan konsep konsep pembangunan “sky bridge” antar terminal   di bandara Soekarno-Hatta.
    2. b.  Untuk menganalisis kegunaan atau fungsi utama dari pembangunan “sky bridge” antar terminal di Bandara Soekarno Hatta

 

2.  Manfaat

  1. Memberikan masukan maupun inspirasi dalam pengembangan fasilitas penunjang bandara Soekarno-Hatta.

One thought on “Sky Bridge Bandara Soekarno Hatta (BAB I)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s