PENGGUNAAN RFID DALAM E-BAGGAGE (REVISI 1)


Kelompok GH ZU11

Ketua : Muhammad Fausan (2241.11.120)

Anggota :
Silvia Yuniarti (2241.11.008)
Andriyani Puspita Dewi (2241.11.033)
Meinur Adha (2241.11.037)
Astria Herera Gultom (2241.11.061)
Dwiyantie RH (2241.11.110)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dari tahun ke tahun kepadatan suatu bandar udara akan terus bertambah. Hal ini kurang diimbangi dengan fasilitas dan sarana yang ada di dalam suatu bandara. Akibatnya, adanya kasus bagasi yang tertukar, hilang bahkan dibongkar akan terus terjadi jika tidak ada solusi yang tepat dari pihak yang terkait.

Begitu juga dengan penanganan penumpang khususnya pada saat check-in, keterbatasan kemampuan sumber daya manusia dan tingkat kebutuhan yang cukup tinggi membuat level of service seringkali tidak terpenuhi. Hal ini  terlihat dari adanya komplain dari para penumpang. Pihak bandara dan airlines pun juga sudah mencoba memberikan solusi, salah satunya dengan melakukan himbauan agar calon penumpang datang 2 jam sebelum boarding agar tingkat pelayanan yang ditentukan dapat terpenuhi.

Berdasarkan masalah di atas, kami menganalisis teknologi yang tepat  dalam sistem pelayanan penumpang dan bagasi dengan menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) untuk mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu tulisan ini akan mengangkat kegunaan RFID yang kami akan terapkan kepada penggunaan E-baggage handling dan proses check-in yaitu dengan menggunakan gelang RFID.

1.2 Rumusan Masalah

 1. Adanya antrian di counter check-in

2. Adanya bagasi yang tertukar, hilang  atau rusak.

1.3 Tujuan

1. Membuat teknologi baru agar mampu bersaing dalam dunia penerbangan

2. Meminimalisir komplain penumpang terhadap bagasi yang hilang dan rusak.

3. Meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang.

1.4 Manfaat

1. Dapat memberikan rekomendas kepada penyedia jasa pelayanan bandar udara untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

One thought on “PENGGUNAAN RFID DALAM E-BAGGAGE (REVISI 1)

  1. memangnya kalau ada antrian di check in counter kenapa? bukankah bagus kalau penumpang antri dibanding berebut tidak mau antri?

    Bagasi hilang. tertukar dan rusak memang selalu ada saja, penyebabnya bukan hanya di check in counter karena banyak hal lain yang terkait dalam penanganan bagasi.

    Tugas ini masih salah, silakan perbaiki baru kelompok kalian bisa lanjut ke tugas berikutnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s