E-Immigration Soekarno-Hatta (Bab II)


Ketua Kelompok:
Agmi Pradini Arifani (2241.11.135)

Anggota Kelompok:
Novi Amelia Sari (2241.11.056)
Iwan Syukuri (2241.11.112)
Nur Hazhiyah Dirayati (2241.11.145)
Yulia Endang Tri Wahyuni (2241.11.146)
Ammy Diah Kusuma Wardhani (2241.11.188)

BAB II

Landasan Teori

2.1  Imigrasi

Imigrasi memiliki beberapa beberapa pengertian. Istilah Imgrasi berasal dari kata “Migration” yang artinya perpindahan orang dari suatu tempat atau Negara menuju suatu tempat atau Negara lain. Menurut Undang-Undang No.6 Thn 2011,1.1  tentang  Keimigrasian, menjelaskan bahwa keimigrasian adalah hal ihwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara. Ketika seseorang pindah ke Negara lain,peristiwa ini dipandang sebagai Emigrasi, namun bagi Negara yang didatangi orang tersebut peristiwa itu disebut sebagai peristiwa imigrasi (M.Iman Santoso,Perspektif Imigrasi dalam pembangunan dan ketahanan nasional UI Press, 2005)

2.2  TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi)

Ketika seseorang ingin keluar atau memasuki suatu Negara maka seseoang harus melakukan penmeriksaan yang dilakukan di TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi). Pemeriksaan Imigrasi atau (TPI) adalah tempat pemeriksaan di pelabuhan laut, bandar udara, pos lintas batas, atau tempat lain sebagai tempat masuk dan keluar Wilayah Indonesia (UU No. 6-2011 ,1:4) Dalam hal ini kami mencoba membuat gagasan yang akan membuat pelancong atau penumpang lebih nyaman saat melakukan pemeriksaan di Imigrasi dan membuat pemeriksaan menjadi lebih efektif dan efisien.

2.3 Elektronik Imigrasi

Perkembangan dan kemajuan Teknologi Informasi yang demikian pesat telah menyebabkan perubahan kegiatan kehidupan manusia dalam berbagai bidang yang secara langsung telah memengaruhi lahirnya bentuk-bentuk perbuatan hukum baru.(UU No 11-2008 tentang informasi dan transaksi elektronik)

Berdasarkan Undang-Undang  Tentang Informasi dan Transaksi  Elektronik pasal 1, menerangkan bahwa sistem elektronik adalah serangkaian perangkat dan prosedur elektronik yang berfungsi mempersiapkan, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, dan/atau menyebarkan informasi Elektronik. Dengan demikian adanya Elektronik Imigrasi akan memudahkan manusia untuk melakukan pekerjaannya sehingga menjadi lebih efektif dan efisien dan membuat penumpang menjadi lebih nyaman karena tidak harus repot antri terutama saat Peak Season tiba. Sosialisasi kepada masyarakat juga harus dilakukan semaksimal mungkin agar alat ini dapat dipergunakan semaksimal mungkin bagi seluruh lapisan masyarakat.

One thought on “E-Immigration Soekarno-Hatta (Bab II)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s