PESAWAT UDARA MULTIFUNGSI BAB II


Ketua:

Zoelfiqriyadie Firdaus S (2241.11.101)

Anggota:

  1. Titi Suwarti (2241.11.191)
  2. Syahrul Rohmadona (2241.11.216)
  3. Prabhanita Ariprasti(2241.11.223)
  4. Asep Gojali Musadad Nur (2241.11.236)
  5. Nila Fatmah Sari (2241.11.239)
  6. Hannyfah Feby Vantina (2241.11.264)

BAB  II

LANDASAN TEORI

       Transportasi menggunakan jalur udara di masa modern ini dinilai menjadi sarana yang paling efektif. Dilihat dari segi keamanan dan juga ketepatan waktu serta jarak tempuh yang singkat menjadikan modal untuk kepercayaan para pengguna jasa pesawat terbang mulai dari jasa angkut penumpang hingga jasa kargo.

Pengertian Pesawat Udara

Menurut UU No. 1 tahun 2009 tentang penerbangan pesawat udara adalah setiap mesin atau alat yang dapat terbang di atmosfer karena gaya angkat dari reaksi udara, tetapi buka karena reaksi udara terhadap permukaan bumi yang digunakan  untuk penerbangan.

Jenis Pesawat Berdasarkan Penggunaan              :

  1. Pesawat Eksperimental

Pesawat ini merupakan pesawat yang sedang mengalami proses pengujian. Pesawat jenis ini pada umumnya mempunyai bentuk sedikit berbeda dan istimewa. Konsep dan desainnya baru. Selain itu, pesawat ini belum dipakai secara massal.

2.    Pesawat Penumpang Sipil

Pesawat jenis ini merupakan pesawat udara yang berfungsi mengangkut penumpang. Pesawat penumpang sipil ini mempunyai kapasitas yang berbeda-beda, mulai kapasitas 1 orang untuk pesawat pribadi sampai dengan Airbus 380 yang bisa mengangkut sekitar 500 orang penumpang.

3.    Pesawat Angkut

Pesawat ini berfungsi untuk mengangkut barang dan mengangkut berbagai jenis komoditi. Pesawat ini sering juga disebut pesawat kargo. Pada umumnya pesawat kargo adalah pesawat penumpang yang dimodifiksai.

4.    Pesawat Militer

Pesawat militer merupakan pesawat yang berfungsi untuk berbagai keperluan militer.

5. Pesawat Udara Multifungsi

Pesawat udara multifungsi adalah pesawat udara masa depan yang dapat digunakan untuk dua fungsi atau lebih. Dalam hal ini, pesawat udara dibuat agar dapat memenuhi kebutuhan penumpang untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain yang merupakan suatu fungsi dasar sebuah moda transportasi, dan tambahannya adalah sebagai sarana dan prasarana pariwisata modern di mana penumpang dapat merasakan wisata dari fasilitas yang ada di dalam pesawat dan juga menikmati keindahan lingkungan  di sekitar pesawat seperti ketika menggunakan kapal terbuka ataupun masuk ke dunia bawah air dengan terowongan yang dilapisi dinding kaca. Pesawat udara ini memadukan berbagai macam modifikasi baik dari segi interior maupun eksterior pesawat. Untuk memenuhi kebutuhan pariwisata tersebut, sebuah inovasi baru dimunculkan yaitu dengan membuat dinding pesawat dari bahan khusus yang tembus pandang namun  tetap kuat serta dilapisi teknologi khusus yang dapat merubah panorama yang terlihat dari luar maupun dalam pesawat. Desain seperti ini akan membuat penumpang dapat menikmati keindahan di luar pesawat secara lebih memuaskan dan juga tetap menjalankan aktivitasnya untuk berpergian dari suatu tempat ke tempat lain.

2 thoughts on “PESAWAT UDARA MULTIFUNGSI BAB II

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s