Flight in Culture


Nama :
Fitri Anggara Adi 2241.11.116
Nadia Angie Erika 2241.11.058

Flight in Culture

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Dewasa ini, Seiring dengan berkembangnya zaman yang begitu pesat Globalisasi memberikan dampak negatif yang tidak bisa dianggap remeh. Salah satu dampak dari globalisasi sangat berpengaruh terhadap kelestarian kebudayaan Indonesia. Norma-norma asas-asas yang terkandung dalam kebudayaan Indonesia yang perlahan-lahan makin terlupakan dan tak diperhatikan oleh masyarakat.
Sebuah inovasi sangatlah penting dilakukan dengan barbagai cara apapun agar kita tidaklah melupakan budaya dan memberikan inovasi lebih pada maskapai penerbangan guna memberikan keuntungan serta memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada customer.
Sebagai main Brand perusahaan penerbangan Indonesia, Garuda Indonesia telah mempersiapkan sebuah maskapai yang berbau Cultural yaitu “Flight in Culture”. Tidak mau kalah dengan perusahaan tetangga yaitu Lion Air yang sebagaimana menjadi induk perusahaan dari Batik Air yang telah beroperasi sejak Maret 2013 dengan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER.
Garuda Indonesia memberikan sebuah ide mengenai interior maskapai penerbangan yang sekaligus memperkenalkan kepada customers mengenai budaya dan kultur yang ada di Indonesia. Ketika customers berada didalam maskapai yang ia naiki, customer merasakan kenyamanan dan mengetahui serta dapat mengenal tempat yang akan dia tuju dengan memberikan segala bentuk informasi yang disediakan didalam maskapai tersebut. Hal ini dapat berupa, lukisan, Film ringan mengenai tempat tujuan, kebudayaan yang terdapat di tempat tujuan serta tempat-tempat wisata yang terdapat pada tempat tujuan tersebut.
Dan di dukung pula dengan Eksterior yang berhubungan dengan kultural Indonesia. Dengan cara ini tidak hanya dapat melestarikan budaya Indonesia senidiri namun dapat dijadikan sebagai identitas negara Indonesia di kancah dunia Airline karena bersifat unik dan cultural pastinya.
Selain itu menu makanan yang disajikan bukan makanan yang umum melainkan menyerupai resto khusus indonesia yang menyajikan makanan khas indonesia dari berbagai daerah. Dan di layaini oleh pramugara/i yang menggunakan pakaian adat yg simple, tetapi edgy dan memiliki unsur cultural pastinya.
Ditambah lagi dengan menyelipkan bahasa-bahasa daerah Indonesia. Pramugari/a tidak hanya dituntut untuk bisa dan menguasai bahasa inggris dan bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa daerah di Indonesia. Dengan begini image yang terkenal mengenai pramugara/i akan lebih baik karena tidak hanya di tuntut kecantikan luar melainkan kreativitas dan kecerdasan yangmenjadi nilai tambahnya.
Selain itu tidak hanya memberikan informasi kepada customer namun melainkan Garuda Indonesia memperikan experience baru dan dapat menarik minat customer untuk berlibur ke daerah-daerah yang diperkenalkan yang belum pernah disinggahi bahkan di ketahui oleh customer, karena pada dasarnya Indonesa kaya sekali akan kebudayaan.with
Garuda Indonesia Flight in Culture tidak hanya memberikan service berupa kenyaman namun memberikan real experience dengan slogan khususnya “Coloring your trip through Garuda Indonesia in Culture”.

1.2 Rumusan Masalah

A. Globalisasi yang memudarkan kebudayaan, norma dan asas bangsa Indonesia.
B. Kebudayaan yang diakui oleh negara lain
C. Melahirkan Inovasi dalam memberikan kenyamanan dan experience bagi penumpang

1.3 Tujuan.

A. Memperkenalkan kebudayaan Indonesia dalam memeberikan kenyamanan saat perjalanan menggunakan maskapai penerbangan.
B. Memberikan inovasi baru dan menjadikannya usaha untuk menarik minat masyarakat dalam menggunakan moda transportasi udara.
C. Dengan besarnya rasa keingintahuan customer maka diharapkan memberikan benefit baik secara financial maupun non financial.

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Globalisasi
Secara umum, Globalisasi merupakan proses pesat atau progress dari perkembangan zaman dilihat dari perkembangan pergaulan, teknologi, gaya hidup dll. Yang dampaknya negatif atau positif tergantun individu, kelompok atau bahkan antar negara yang saling berinteraksi memperkenalkan dan saling mempengaruhi satu sama lain.

2.2 Kebudayaan Indonesia
Secara umum, Kebudayaan adalah nilai-nilai atau asas-asas yang dianut oleh masyarakatterhadap berbagai hal. Baik nilai persepsi mengenai psikologis, kejiwaan, kebiasaan dalam kegiatan sehari-hari.
Menurut Salah satu Ahli yaitu Edward B. Taylor, Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan lain yang di dapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

2.3 Globalisasi dan Kebudayaan Indonesia
Globalisasi mempengaruhi hampir semua aspek, khususnya aspek budaya. Perkembangan globalisasi kebudayaanterjadi sejak awal 20-an dimana terjadinya perkembangan teknologi dan komunikasi.
Dengan mudahnya manusia dapat berkomunikasi dengan orang lain dari lingkungan, daerah, bahkan negara lain. Dari kegiatan inilah tidak heran kebudayaan asing mudah masuk dan dapat saling mempengaruhi.
Dapat dilihat dari aspek yang paling kecil yaitu cara berbicara, cara berpakaian, gaya hidup dll. Sehingga kebudayaan asli Indonesia dapat di katakan terancam keaslianya. Contoh kecilnya pula, Masyarakat Indonesia lebih mencintai produk dalam negeri. Konsumen lebih memilih membeli produk dari luar negeri hal ini terjadi karena salah satu dampak dari berkembangnya globalisasi.

2.3 Moda Transportasi Udara
Moda Transportasi terbagi menjadi 4 golongan yaitu Transportasi Udara, Transportasi Laut, Transportasi Darat dan Transportasi Pipa. Disini kami akan memberikan perhatian penuh terhadap Moda Transportasi Udara.
Menurut UU No. 1 Tahun 2009 Pasal 1 ayat 3 mengenai Pesawat Udara adalah setiap mesin atau alat yang dapat terbang di atmosfer karena gaya angkat dari reaksi udara, tetapi bukan reaksi udara terhadap oermukaan bumi yang digunakan untuk penerbangan.
Dan ayat 4 mengenai Pesawat Terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri.

Kerangka Pemikiran

BAB III
Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian merupakan analisis teoritis mengenai suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, juga merupakan suatu usaha yang terorganisasi untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban.

Kami selaku penulis menggunakan metodologi penelitian untuk mendapatkan data yang konkrit dan valid yang dapat di jadikan sebagai panduan dan tolak ukur dalam pencapaian tujuan dan penyelesaian suatu masalah.

Metode yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kualitatif & SWOT. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi dari inovasi yang akan di berikan yaitu pelayanan dalam dunia transportasi udara tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif.
Pendahuluan bermanfaat sebagai Dasar untuk mengembangkan Kerangka pikiran dan dapat di ketahuinya seluk beluk untuk membangun, menyesuaikan dan mengembangkan inovasi dalam perealisasiaannya.
Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian.
Selain Metode Kualitatif yang di gunakan, kami melakukan analisis SWOT untuk mematangkan konsep dan pengembangan inovasi ini. Di lihat dari Perkembangan zaman yaitu seberapa pesat perkembangan Globalisasi dalam bidang budaya dan teknologi serta dilihat dari faktor internal dan eksternal yang dapat saling mempengaruhi.

Dari metode dan analisis inilah yang dapat menghasilkan hasil atau jawaban untuk perealisasian. Dengan menentukan bagaimana dalam penanganan seperti apa yang paling tepat dalam bidang Manajemen, Promosi, dll. Hasil dari penelitian akan di pilih sesuai dengan kualitas dan kuantitas dengan adanya penyesuaiaan dengan kondisi globalisasi dan sosial budaya yang ada. Dengan di dukung dengan perencanaan interior dan eksterior yang sangat cultural dan khas indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s